New York (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono, Selasa siang atau Rabu dini hari waktu Indonesia, tiba di New York, Amerika Serikat, untuk menghadiri pertemuan ke-2 para pemimpin Asean-Amerika Serikat (AULM) yang akan berlangsung 24 September 2010.

Wartawan ANTARA dari New York, Selasa, melaporkan Wapres yang didampingi Ibu Herawati Boediono bersama rombongan diantaranya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan tiba menggunakan pesawat komersial Singapore Airlines tiba di Bandara Newark, New York, sekitar pukul 16.48 waktu New York atau 3.48 WIB.

Dirjen Asean-Indonesia Kemlu Djauhari Oratmangun, sebelumnya mengatakan, Indoensia berkepentingan dengan penyelenggaraan dan hasil Pertemuan ke-2 para pemimpin Asean-Amerika Serikat (AULM) yang akan berlangsung di New York, 24 September.

"Pertemuan tersebut akan memberikan arti penting bagi Indonesia mengingat pada tahun depan kita akan menjadi Ketua Asean, di samping adanya pergeseran dan rekonfigurasi kekuatan politik serta ekonomi di Asia Tenggara," kata Djauhari.

Wapres Boediono akan memimpin delegasi Indonesia dalam AULM dan akan bertemu dengan para pemimpin Asean. Boediono direncanakan akan menyampaikan pidato dalam pertemuan tersebut.

Menurut Djauhari, hasil substansif yang diharapkan dapat disepakati dalam pertemuan itu adalah pernyataan bersama para pemimpin Asean dan AS.

Kepentingan Indonesia yang terefeleksi dalam pernyataan bersama mencakup antara lain ekonomi, perubahan iklim, dan terjaganya kesinambungan penyelenggaraan dialog Asean-AS pada tingkat tinggi dalam konteks kekuatan Indonesia di Asean tahun 2011.(ANT/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010