Madrid (ANTARA News) - Barcelona kembali ke jalurnya untuk mengejar gelar Liga Utama Spanyol (La Liga) ketiga berturut-turut ketika Lionel Messi dan Gerard Pique mencetak gol untuk meraih kemenangan 2-1 di kandang Atletico Madrid, Minggu.

Tim asuhan Pep Guardiola itu mengalami kekalahan mengejutkan 0-2 di kandang sendiri oleh tim yang mendapat promosi Hercules akhir pekan lalu tetapi Atletico mengawali musim dengan kinerja yang jauh lebih keras di stadion Calderon yang biasanya bising, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Messi membuat Barca memimpin pada menit ke-13, beberapa detik setelah tendangan David Villa memantul pada tiang gawang, sebelum pemain tengah Atletico Raul Garcia menyenangkan penonton dengan sundulan tinggi melewati Victor Valdes pada menit ke-25.

Pemain belakang Spanyol Pique membuat pertahanan tim tuan rumah tidak mampu berbuat apa-apa untuk membuat Barca kembali memimpin setelah menit ke-30.

Kiper Atletico David De Gea membuat tim tuan rumah tetap bertahan dengan penyelamatan-penyelamatan cerdas dari Xavi dan Pedro pada awal babak kedua dan Villa serta Messi keduanya kehilangan peluang untuk mengamankan timnya.

Usaha Villa terlampau tinggi dan Messi menembak luruk ke De Gea ketika melewati kiper tersebut menjelang akhir pertandingan.

Fans Atletico memberi pemain tengah Barca Andres Iniesta, pencetak gol kemenangan bagi Spanyol dalam final Piala Dunia pada Juli, tepuk tangan ketika ia digantikan pada perpanjangan waktu.

Akan tetapi, kemenangan Barca itu terganggu ketika Messi dibawa keluar dengan tandu dan tampak sakit.

Pemain tengah Argentina itu cedera saat bersinggungan dengan Tomas Ujfalusi yang mengakibatkan pemain belakang Ceko itu mendapat kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan.

Sepuluh pemain Valencia yang sebelumnya menghasilkan tiga kemenangan dalam La Liga dari tiga pertandingan, dan naik ke puncak klasemen ketika Juan Mata dan Pablo Hernandez mencetak gol untuk meraih kemenangan 2-1 atas Hercules.

Tim asuhan Unai Emery, yang mengawali laga mereka dalam Liga Champions dengan kemenangan 4-0 di kandang tim asal Turki Bursaspor, memimpin pada menit kedua di kandang Alicante ketika pemain nasional Spanyol Mata menyarangkan tendangan voli yang berasal dari Hernandez.

Pemain sayap Hernandez menggandakan keunggulan tim tamu pada menit ke-23 sebelum mantan striker Juventus David Trezeguet menyarangkan bola dari titik penalti bagi Hercules dua menit menjelang turun minum.

Pemain belakang David Navarro diusir dari lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua lima menit memasuki babak kedua tetapi Hercules tidak mampu menyamakan kedudukan.

Valencia mengumpulkan sembilan poin dari tiga pertandingan, unggul dua poin dari Real Madrid, yang meraih kemenangan 2-1 di kandang Real Sociedad pada Sabtu.

Atletico dan Barca menghimpun enam poin dan Sevilla bisa menyamai Real dengan tujuh poin melalui satu kemenangan di kandang rival mereka di Andalusia, Malaga, pada Minggu. 
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010