Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael (13) berada di urutan 72 dari 117 peserta yang mengikuti babak latihan kualifikasi Kejuaraan Dunia CIK FIA World Karting Championship 2010 di Sirkuit Zuera, sekitar 300 km tenggara Barcelona, Spanyol, Jumat waktu setempat.

Para pembalap 29 negara itu akan bersaing lagi dalam 12 kali babak kualifikasi Sabtu sebelum menentukan 32 peserta yang akan berlaga dalam babak prafinal dan final Minggu, yang akan disiarkan ke seluruh dunia oleh saluran televise Eurosport, sekitar 18.30 WIB.

Hasil latihan yang disiarkan dalam laman cik.fia.com, Sabtu, memperlihatkan, Sean yang menaiki kendaraan dengan casis Exprit dan mesin Vortex dan menggunakan ban Dunlop, membukukan waktu 1:18.261.

Urutan pertama ditempati pembalap Inggris Luke Varley dari Tony Kart Jr RT dengan waktu tercepat 1:16.461.

Perlombaan itu berlangsung amat ketat dan saingan Sean merupakan pembalap karting berpengalaman yang sudah kenyang berlomba di tingkat Eropa dan dunia, sedangkan Sean baru pertama kali tampil dalam kejuaran dunia ini.

Pembalap nasional yang menaiki kendaraan dengan nomor 97 (berdasar entry list) itu kelihatannya mampu mengimbangi lawan-lawannya.

"Ia memang dapat memasuki waktu perlombaan per putaran, tapi ia harus mengatasi laju kendaraan di tikungan, karena karakter yang amat berbeda," kata Ricardo Gelael, ayah Sean yang juga pereli nasional, ketika mengomentari latihan puteranya itu beberapa hari lalu.

Sean, juara nasional navigator reli mobil dan juara reli junior adalah juga juara nasional karting 2010 dan berada di urutan teratas klasemen sementara kejuaraan karting Asia (AKOC) setelah menempati urutan kedua di Macau dan juara di Sirkuit Sentul bulan lalu. (*)
A008/A016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010