Padang (ANTARA News) - Ratusan personil polisi siap mengamankan acara pelantikan pasangan Nasrul Abit dengan Editiawarman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan terpilih periode 2010-2015.

"Kita menurunkan ratusan personil polisi untuk mengamankan acara pelantikan pasangan pasangan Nasrul Abit dengan Editiawarman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan terpilih," kata Kapolres Pesisir Selatan, AKBP.Heriyanto, saat di hubungi melalui telepon seluler.

Pelantikan pasangan Nasrul Abit dengan Editiawarman sebagai Bupati dan Wakil Bupati dilakukan oleh Gubernur Sumbar bertempat di GOR Zaini Zein pada Jumat (17/9) sekitar pukul 08.30 WIB.

Menurutnya, ratusan personil polisi disiapkan guna mengantisipasi sesuatu kejadian yang tidak diinginkan selama pelantikan.

"Petugas diturunkan untuk mengamankan seluruh areal gedung GOR Zaini Zein," katanya.

Dia menambahkan, personil yang diturunkan tersebut terdiri dari Reserse, Intelkam, Samapta, anggota lalu lintas jajaran Polres Kabupaten Pesisir Selatan

"Disamping itu pengamanan juga dibantu dari tim Gegana Brimob Polda Sumbar untuk mensterilisasi seluruh sudut dan lingkungan gedung GOR Zaini Zein Pesisir Selatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tim Gegana yang memiliki kemampuan khusus didukung peralatan canggih pendeteksi bahan berbahaya itu rencananya melakukan sterilisasi seluruh sudut dan lingkungan gedung GOR Zaini Zein Pesisir Selatan," katanya.

Dia mengatakan, pengamanan yang dilakukan oleh petugas dengan sistem terbuka dan tertutup sekitar GOR Zaini Zein tersebut.

"Kita menempatkan petugas baik didalam maupun di luar gedung GOR Zaini Zein Pesisir Selatan," katanya.

Menurutnya, pengamanan acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan di Gedung GOR Zain Zein dilakukan petugas secara ketat.

"Demi keamanan dan lancarnya pelantikan di dalam gedung, setiap undangan diperiksa melalui alat detektor logam yang ditempatkan di pintu masuk ruang sidang," katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini, situasi aman terkendali dan belum terlihat potensi yang bisa menggagalkan pelantikan.

"Namun, sekecil apapun gangguan, seluruh anggota yang diturunkan siap mengantisipasi demi lancarnya acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan," katanya.

Pasangan Nasrul Abit dan Editiawarman dilantik tersebut berdasarkan Surat Keputasan (SK) Kementrian Dalam Negeri nomor 132.13-566 dan nomor 131.13-567 tahun 2010 yang dikeluarkan pada 23 Agustus 2010.

Bupati dan wakil bupati periode 2010-2015 yang dilantik Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno atas nama Menteri Dalam Negeri adalah pasangan nasrul Abit dengan Editiawarman yang memenangkan pemilihan umum kepala daerah tanggal 30 Juni 2010 lalu. (ANT-031/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010