New York (ANTARA News/AFP) - Harga minyak turun pada Rabu waktu setempat, setelah diberitakan bahwa perbaikan jalur pipa utama dari Kanada ke Amerika Serikat hampir selesai.

Pasar juga menurun karena konsumen minyak utama Amerika Serikat mencatat angka manufaktur lemah, tapi ini sebagian diimbangi oleh angka yang menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS minggu lalu turun.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Oktober, menyusut 78 sen menjadi 76,02 dolar per barel dari Selasa.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober kehilangan 25 sen menjadi 78,91 dolar per barel.

"Minyak mentah telah merosot tajam menyusul berita bahwa jaringan pipa Enbridge mendekati akhir perbaikan. Pasar cepat bereaksi terhadap berita bahwa perbaikan hampir selesai," analis di JP Morgan mengatakan dalam catatannya.

Enbridge telah menyerahkan rencana pengoperasian kembali kepada pihak berwenang, dengan media mengatakan bahwa saluran harus berjalan dalam beberapa bentuk atau mode pada akhir pekan.

Saluran 6A membawa 670.000 barel minyak mentah dan sintetis ringan per hari, merupakan sepertiga dari ekspor minyak Kanada ke Amerika Serikat.

Penutupan saluran Kamis lalu mendukung harga selama beberapa hari.

Pada Rabu, departemen energi AS mengatakan bahwa persediaan minyak mentah turun sebesar 2,5 juta barel pekan lalu, sejalan dengan ekspektasi analis.

Di tempat lain, data manufaktur AS yang lebih lemah dari perkiraan menyalakan kembali kekhawatiran atas pemulihan ekonomi terbesar di dunia.

Produksi industri naik moderat 0,2 persen pada Agustus, secara signifikan kecepatannya lebih lambat dibandingkan kenaikan 0,6 persen pada Juli dan sedikit kurang dari yang diperkirakan oleh para analis. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010