Jakarta (ANTARA News) - Setelah tertunda 11 hari,Tonton Susanto dan kawan-kawan dipastikan berangkat melakukan latihan dan ujicoba di beberapa kejuaraan nasional maupun internasional di Belanda, 16 September 2010.

"Seharusnya empat atlet bertolak ke Belanda 5 September, namun pengurusan visanya belum rampung akhirnya tertunda hingga 16 September baru berangkat ke Negeri Kincir Angin," ujar Manajer Tim Asian Games XVI Denny Gumulya di Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, empat atlet yang dikirim melakukan latihan di Belanda untuk dipersiapkan ke Asian Games XVI di Guangzhou, 12-27 November 2010. Sementara tambahan satu atlet yang dipromosikan tampil di SEA Games XXVI Jakarta tahun 2011 akan menyusul ke Belanda 30 September.

Atlet yang dipromosikan ke SEA Games XXVI di Jakarta tahun 2011 adalah Rahmat Nugroho dari Pengurus Provinsi (Pengprov) DKI Jakarta. Empat atlet lainnya dikirim Program Indonesia Emas (Prima).

Keempat pebalap yang dipromosikan ke Asian Games XVI dan dibiayai oleh Prima selama di Belanda adalah, Santia Trikusuma, Wilhelmina. Sementara atlet putra adalah Tonton Susanto dan Ryan Ariehaan.

Denny mengakui atlet yang dikirim ke Belanda sudah tentu konsentrasinya lebih fokus pada latihan. Mereka bisa merayakan Idul Fitri 1431 Hijiriah saat diberi istirahat dua hari kembali ke daerahnya masing-masing.

Tertunda berangkat ke Belanda sudah tentu ada faedahnya bagi empat atlet nasional untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarganya. Para pembalap tersebut ada yang sudah memiliki istri dan anak seperti Ryan dan Tonton.

Dengan begitu, katanya, selama latihan di Belanda para atlet nasional lebih tertantang lagi untuk meningkatkan prestasi yang dimiliki. Baik atlet yang dipersiapkan ke Asian Games maupun ke SEA Games.

Menyinggung atlet DKI Jakarta yang difokuskan di nomor track latihan di Belanda, Denny mengatakan, lebih bagus lagi. Pagelaran SEA Games XXVI waktunya masih panjang, namun memberikan motivasi tersendiri bagi pembalap untuk memperbaiki prestasi yang dimilliki.

Rahmat Nugroho sudah lama tidak berpacu di nomor track setelah di SEA Games XXV di Laos 2009 nomor track tidak dipertandingkan. Melakukan latihan di Belanda diharapkan dapat mendorong semangatnya untuk menyuguhkan medali emas bagi Merah-Putih saat multi event ASEAN itu digelar di Indonesia.

Denny mengakui, Rahmat sebenarnya memiliki prestasi cukup handal. Ketika di SEA Games XXI tahun 2001 di Malaysia nomor track dipertandingkan. Atlet dari DKI Jakarta itu menyumbang medali emas di jarak 6000 m.

"Mudah-mudahan prestasi terbaiknya muncul kembali selama melakukan latihan di Belanda. Dengan harapan mampu menambah medali emas bagi Indonesia selain Tonton dan Ryan yang difokuskan di nomor road race,"tambah Denny.
(ANT131/F002)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010