Tembilahan (ANTARA News) - Aktifitas lalu lintas kendaraan bermotor pada H plus dua lebaran dipenuhi pengguna sepeda motor yang kebanyakan mengarah keluar kota Tembilahan, yakni mereka yang akan bertandang kerumah kerabatnya di daerah kecamatan terdekat.

Berdasarkan pemantauan ANTARA di lapangan memang terlihat ribuan kendaraan roda dua, sesekali tampak juga roda empat yang mengarah keluar kota Tembilahan. Sehingga kawasan jalan-jalan yang mengarah ke beberapa kecamatan terdekat dari kota Tembilahan terlihat selalu ramai.

Mereka ini merupakan warga yang akan bertandang dan bersilaturrahmi dengan sanak kerabatnya saat lebaran ini. Sayangnya, mayoritas pengendara sepeda motor tersebut tidak mengenakan helm, pemandangan seperti ini akan berlangsung beberapa hari kedepan. Para pengendara sepeda motor ini terlihat hanya mengenakan kopiah. Kondisi seperti ini berlangsung setiap lebaran.

"Memang pada lebaran, kami tidak mengenakan helm, hal seperti ini telah berlangsung sejak saya masih kecil. Kan biasalah setahun sekali kita membawa motor tidak pakai helm," sebut Hendra, seorang pengendara sepeda motor kepada ANTARA, Sabtu.

Tampak arus kendaraan kebanyakan roda dua terus mengalir keluar kota Tembilahan, karena pada hari pertama warga lebih mengutamakan berkunjung ke rumah kerabatnya di kota Tembilahan. Sedangkan pada hari kedua lebaran biasanya mereka akan berlebaran ke rumah kerabatnya di beberapa kecamatan di luar Tembilahan yang masih dapat ditempuh dengan jalur darat, seperti Kecamatan Keritang, Kecamatan Reteh, Kecamatan Kempas, Kecamatan Tempuling, Kecamatan Tembilahan Hulu dan kecamatan terdekat lainnya.

Tampak jalan provinsi diramaikan oleh para pengguna sepeda motor yang akan menuju keluar daerah, pemandangan seperti ini akan berlangsung sampai jauh malam.

"Pada hari kedua lebaran ini, kami bertandang ke rumah keluarga di Kecamatan Keritang dengan menggunakan sepeda motor dan membawa keluarga," ujar Indra, seorang warga Tembilahan yang ditemui ANTARA sedang mengisi bensin di SPBU Parit 6 Tembilahan Hulu, Sabtu.

Aktifitas lalu lalang kendaraan juga ramai mengarah ke daerah Inhil bagian Utara yang dapat ditempuh lewat jalur darat, yakni Kecamatan Batang Tuaka, Kecamatan Gaung Anak Serka dan Kecamatan Gaung. Apalagi sejak terbukanya akses setelah dibangunnya jembatan Tasik Gemilang yang menghubungkan Kecamatan Tembilahan dengan Kecamatan Batang Tuaka.

"Biasanya kami pergi berlebaran kerumah keluarga di Kecamatan Gaung dengan speedboat, tapi sekarang dengan menggunakan sepeda motor, karena telah ada jembatan Tasik Gemilang," ujar M Yusuf, warga Tembilahan yang akan berkunjung kekeluarganya di Kecamatan Gaung kepada ANTARA. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010