Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas menuju Puncak dan Ciawi-Sukabumi pagi ini mulai pukul 06:45 WIB padat merayap.

Kepadatan terjadi satu arah yakni arah naik dari Tol menuju Puncak dan arah Sukabumi, sementara untuk arus sebaliknya lancar tidak ada hambatan.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fathoni Riza, yang dihubungi menyebutkan kepadatan sudah mulai terjadi sejak lebaran pertama.

"Diprediksikan besok puncak kepadatan masih terjadi karena libur akhir lebaran," katanya, Sabtu.

Fathoni menyebutkan, kepadatan arus dikarenakan volume kendaraan yang meningkat mengunjungi tempat-tempat wisata yang terdapat di kawasan Puncak.

Arus lalu lintas dari arah Gadok, kepadatan dimulai dari KM 43 dari pintu tol menuju persimpangan Megamendung.

Fathoni menyebutkan belum diberlakukan buka tutup atau satu arah, karena arus masih bisa dikendalikan dengan pengaturan secara tepat agar tidak terjadi kemacetan.

"Kepadatan belum terlalu menyebabkan kemacetan, kita akan berlakukan satu arah atau buka tutup jika kepadatan sudah mencapai KM 45, dan terjadi dua arah," jelasnya.

Kasat menyebutkan, sekitar 50 ribu kendaraan telah masuk ke jalur Puncak dan Sukabumi mulai kemarin.

Kendaraan tersebut menurut Fathoni masih didominasi kunjungan wisata dan lebaran.

"Belum ada terlihat arus balik mudik, kemungkinan besok akan terjadi, arus balik dan kunjungan wisata meningkat," katanya.

Fathoni kembali mengingatkan bagi para pengunjung yang ingin ke Puncak atau jalur Sukabumi, sebelum menuju lokasi ada baiknya memanfaatkan Hotline Polres Bogor yang memberikan informasi seputar arus lalu lintas di kawasan tersebut.

"Silahkan hubungi kami di 0251-8241100, petugas akan menjelaskan kondisi jalur, dan alternatif jalur agar tidak terkena kemacetan," himbaunya.

(ANT/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010