Makassar (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla salat Idul Fitri bersama masyarakat Sulawesi Selatan dan Kota Makassar di Lapangan Karebosi, Jumat pagi.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut melaksanakan salat Id bersama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Hadir pula Kapolda Sulsel dan Sulbar Irjen Polisi John Wainal Usman serta jajaran kepala dinas, badan, dan biro Provinsi Sulsel dan Kota Makassar.

Sebelumnya, dua hari menjelang pusat pelaksanaan salat Id sempat terjadi kesimpangsiuran antara di Lapangan Karebosi dan Mesjid Al-Markaz Al Islami, Makassar.

Khatib pelaksanaan salat Id A. Qadir Gassing dalam kotbahnya yang mengangkat tema "Hidup-hidupkanlah Budaya Malu" mengajak umat Islam untuk menjadikan segala apa yang dimilikinya dapat selalu bermanfaat bagi orang lain.

Ia juga menyinggung kondisi terakhir bangsa yang digambarkannya telah kehilangan kepekaan, sikap tegas, kepedulian antarsesama, dan moral kenegarawanan.

Pembantu Rektor I Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ini mencontohkan DPR RI yang dinilai tidak peka dengan kondisi rakyat terkait dengan rencana pembangunan gedung DPR RI yang menelan anggaran senilai Rp1,6 triliun.

Dari pantauan, keseluruhan pelaksanaan shalat Id yang diikuti ribuan warga Kota Makassar tersebut berlangsung khidmat.

Selanjutnya Jusuf Kalla, gubernur, dan wali kota langsung menggelar"open house di rumah pribadi dan rumah jabatannya masing-masing.
(KR-RY/D007)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010