Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Merak mencatat, sepanjang arus mudik lebaran tahun ini, lonjakan tertinggi terlihat dari kendaraan roda dua atau motor.

"Sampai sekarang, lonjakan kendaraan roda dua mencapai 11. 259 dari sebelumnya sebanyak 7.400. Sedangkan untuk kendaraan roda empat pribadi, pada H-2 ini jumlahnya sama dengan H-3 lalu yaitu sebanyak 7000," kata Direktur utama PT Indonesia Ferry, Bambang Bhakti, Rabu.

Sementara itu, untuk jumlah bus yang melakukan penyeberangan pada H-2 yakni telah mencapai 900 atau meningkat dibandingkan dengan H - 2 lalu yang jumlahnya hanya 558 bus.

Dan, untuk kapal yang dioperasikan pada H-2 kemarin juga telah dimaksimalkan yakni sebanyak 30 kapal atau meningkat dari H-3 yang jumlahnya hanya 28 kapal saja. Dengan penambahan kapal, jumlah trip kapal juga meningkat, dari 72 trip pada H-3 menjadi 102 trip.

"Pada puncaknya nanti, kita bisa mencapai 110 trip dalam sehari, dan prediksi kami atas lonjakan nanti akan terjadi pada malam hari," katanya menjelaskan.

Dengan adanya lonjakan pemudik itu, kata Bambang, antrean setiap kendaraan khususnya roda empat akan bertambah lama. "Pada H-3 rata- rata bisa mencapai 4-5 jam dan pada H-2 antrean kendaraan telah mencapai 5-6 jam," katanya mengungkapkan.(*)
(ANT-152/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010