Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola untuk Piala AFF yang saat ini menjalani pemusatan latihan di Lapangan PSSI Jakarta kemungkinan besar akan dirampingkan.

Jumlah pemain timnas dibawah asuhan pelatih Alfred Riedl yang menjalani pemusatan latihan sejak awal Agustus lalu berjumlah 24 pemain. Pada awalnya jumlah pemain yang dipanggil 27 orang.

"Idealnya jumlah pemain timnas adalah 23 orang," kata pelatih asal Austria itu di Jakarta, Senin.

Menurut dia, komposisi pemain yang dibutuhknya untuk menghadapi Piala AFF yang akan digelar di Tanah Air adalah tiga kiper, delapan pemain belakang, delapan pemain tengah dan empat pemain depan.

Sesuai dengan jadwal yang ada, Firman Utina dan kawan-kawan setelah menjalani dua kali ujicoba, TC tahap pertama akan diliburkan mulai Selasa (7/9) hingga 3 Oktober mendatang.

"Siapa pemain yang akan dicoret maupun diganti keputusan ada di pelatih. Tunggu saja tanggal 3 Oktober nanti. Siapa yang tidak kembali ke TC itu yang dicoret," kata asisten pelatih timnas Wolfgang Pikal.

Pria yang juga berasal dari Austria itu mengaku meski personel timnas akan dirampingkan, namun demikian masih ada kemungkinan terjadi penggantian bagi pemain yang dicoret.

Nama-nama pemain yang ada saat ini, kata dia, akan berpeluang terus berubah. Hanya saja dia tidak menjelaskan dengan rinci siapa pemain yang dicoret maupun pemain yang berpeluang menggantikannya.

"Setelah tanggal 4 November tidak akan ada lagi penggantian nama-nama pemain. Jadi nama-nama itu yang akan turun pada Piala AFF nanti," kata Pikal.

Timnas dibawah asuhan Alfred Riedl sebelum turun pada Piala AFF mengagendakan ujicoba dengan tim lokal dan ujicoba internasional yaitu melawan timnas Uruguay, Pantai Gading, Timor Leste, China dan Brasil.

Sementara itu, 24 pemain yang menjalani TC tahap pertama adalah Kurnia Mega, Markus Horison dan Ferry Rotinsulu untuk posisi kiper. M. Nasuha, Maman Abdurahman, Nova Arianto, Zulkifli Sukur, Benny Wahyudi, Ricardo Salampessy, Yesaya Desnam dan Rahmad Latief untuk pemain belakang.

Untuk pemain tengah diperkuat Arief Suyono, Firman Utina, M. Ridwan, Habel Satya, Ahmad Bustomi, Doni Siregar, Eka Ramdani, Atep dan Toni Sucipto. Sedangkan empat pemain diposisi striker adalah Bambang Pamungkas, Jaya Teguh Angga, M. Isnaini dan Yongky Aribowo.(*)
(T.B016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010