Jakarta (ANTARA News) - PT Panin Bank Tbk akan menerbitkan obligasi bernilai sekitar Rp3 triliun untuk memperkuat permodalan dan mendukung ekspansi usaha perusahaan.

Sekretaris PaninBank Jasman Ginting di Jakarta Jumat mengatakan, perseroan memang berencana menerbitkan obligasi, namun ia menolak menjelaskan lebih lanjut tentang rencana penerbitan tersebut.

"Kami memang ada rencana menawarkan obligasi dipasar dan hal itu sudah dicantumkan dalam rencana bisnis bank," ucapnya.

PaninBank telah menunjuk PT CIMB Securities, PT Mandiri Sekuritas, PT Indo Premier Securities dan PT Evergreen Capital sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter).

Obligasi itu rencananya diterbitkan dua trance yaitu sebagai obligasi berdurasi lima tahun dan tujuh tahun.

Obligasi tersebut aka diterbitkan dalam bentuk surat utang senior dan subordinasi.

Peluncuran obligasi saat ini dinilai tepat, karena tingkat bunga masih rendah dan likuiditas masih bagus, sehingga potensi untuk diserap pasar masih tinggi.

Obligasi subordinasi memiliki hak yang sama dengan seluruh utang subordinasi yang telah ada ataupun yang akan diterbitkan.

Sementara itu pendapatan bunga bersih PaninBank mengalami kenaikan sebesar 36,3 persen dari periode sama tahun lalu menjadi Rp1,91 triliun.

Kenaikan pendapatan bunga bersih itu sejalan dengan pertumbuhan kredit dan peningkatan margin bunga bersih.

Pendapatan dari fee based income naik 29 persen mencapai Rp976 miliar, terutama dari laba penjualan, surat berharga dan pendapatan biaya administrasi.

(H-CS/A011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010