New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS ditutup melemah pada Senin, menghapus kenaikan pada awal perdagangan karena kekhawatiran terhadap pemulihan ekonomi membebani kebingungan atas transaksi perusahaan.

Dow Jones Industrial Average turun 39,21 poin (0,38 persen) menjadi 10.174,41 pada penutupan perdagangan, sedangkan indeks S&P 500 yang lebih luas turun 4,32 poin (0,40 persen) menjadi 1.067,37, baik keduanya memperpanjang ketiga sesi berturut-turut.

Indeks komposit teknologi Nasdaq menyusut 20,13 poin (0,92 persen) menjadi 2.159,63.

Ketiga indeks utama membuka perdagangan dengan kenaikan setelah berita merger dan akuisisi, namun tenggelam ke dalam wilayah negatif pada pertengahan hari.

"Sayangnya, kami tidak mampu mempertahankan kenaikan karena kami mengkhawatirkan kalender data ekonomi untuk sisa minggu," kata analis Jefferies, Art Hogan.

Data pemerintah tentang penjualan rumah, pengangguran, dan produk domestik bruto yang akan keluar minggu ini secara luas diperkirakan menunjukkan sebuah tren ekonomi ke bawah.

Manufaktur raksasa komputer Hewlett-Packard pada Senin mengumumkan penawaran 1,6 miliar dolar untuk penyedia penyimpanan data 3Par, hanya seminggu setelah Dell saingannya menyetujui untuk mengakuisisi perusahaan untuk 1,13 miliar dolar.

Langkah itu muncul sehari setelah raksasa manufaktur microchip Intel mengakuisisi perusahaan keamanan internet McAfee untuk hampir 7,7 miliar dolar.

Perdagangan selanjutnya menghidupkan semantat setelah Potash Corp, Kanada, pembuat pupuk terbesar di dunia, secara resmi menolak pengambilalihan dari pertambangan raksasa BHP Billiton senilai 40 miliar dolar AS, mengatakan pihaknya menggali penawaran lainnya.

Potash mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tawaran yang dibuat oleh penambang Inggris-Australia minggu lalu langsung ke para pemegang saham "keseluruhan tidak cukup" dan menekankan bahwa

"penawaran yang lebih unggul atau alternatif lain diharapkan akan uncul."

"Dengan bukti ekonomi yang lebih baik, aktivitas M & A tentu akan menjadi sebuah barometer untuk kegiatan ekonomi ... dan dipandang sebagai tanda positif yang nyata," kata Hogan.

"Sayangnya, ketika Anda menjajarkan terhadap laju perlambatan dari kegiatan ekonomi, kita benar-benar melihat secara real time, itu membingungkan. Orang-orang lebih peduli tentang ekonomi daripada tentang kegembiraan dari berita itu."

Wall Street sebagian besar ditutup lebih rendah pada Jumat, dengan Dow Jones dan indeks S&P memperpanjang kerugian kedua minggu karena pedagang tetap prihatin atas laju pemulihan ekonomi AS setelah data melemah. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010