Kendari (ANTARA News) - Teknologi Komunikasi Seluler (Telkomsel) membangun perangkat Mobile Switching Centre (MSC) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan Telkomsel di daerah ini.

"Pembangunan MSC ini, sebagai bentuk komitmen kami dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan kami," kata Branch Manager Telkomsel Kendari, Asbullah, di Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, MSC ini guna mengimbangi semakin tingginya konsumen Telkomsel di Wilayah Sultra. Jumlah penduduk Sultra yang kini mencapai 2,2 juta lebih, menjadi pasar potensial perusahaan jasa telekomunikasi yang berkali-kali meraih penghargaan ini.

"Melihat pengguna brand Telkomsel serta target pasar di Sultra yang cukup besar, MSC nantinya bisa meng-cover seluruh pelanggan Telkomsel dengan kualitas `network` yang baik," katanya.

Menurut Abdullah, kehadiran MSC di Kendari, akan memberi kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan setia Telkomsel. Selama ini, jaringan selular area Sultra masih menginduk MSC di Makassar, sehingga jaringan telekomunikasi lebih panjang.

"Penelepon area Kendari diteruskan lagi ke Induk MSC di Makassar, selanjutnya kembali lagi ke Kendari. Inilah yang berpengaruh terhadap lamanya proses penyampaian data ke pemakai jaringan telepon selular," katanya.

Ka Asbullah, MSC juga dilengkapi Automatic Transfer Switch (ATS). Alat ini berfungsi untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik. Jika ini terjadi, ATS akan otomatis mengganti sambungan listrik ke genset yang telah tersedia, sehingga jaringan komunikasi tetap lancar meski ada gangguan listrik.

Katanya, perangkat pendukung jaringan GSM pertama di wilayah Sultra ini, pembangunannya sementara dalam proses perampungan.

"Pembangunannya sudah 80 persen, awal tahun 2011, MSC resmi beroperasi, ini sekaligus kado tahun baru Telkomsel bagi pelanggannya," pungkasnya. (ANT176/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010