Jakarta (ANTARA News/Reuters) - Dell Inc berencana membeli perusahaan penyimpanan data 3PAR Inc seharga 1,15 miliar dolar tunai, memperluas penawaran produk data center untuk bersaing dengan rivalnya seperti IBM.

Dell menyatakan akan membayar 18 dolar per lembar untuk saham 3PAR, lebih mahal 87 persen dari harga penutupan hari Jumat. 3PAR menyediakan produk penyimpanan yang menggunakan teknologi virtualisasi, yang memungkinkan perusahaan meningkatkan efisiensi.

International Business Machines Corp, Hewlett-Packard, dan Oracle Corp telah meningkatkan investasi dalam komputasi cloud dan teknologi virtualisasi, tampak perusahaan berusaha untuk mengelola aliran data dan informasi.

Cloud computing adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses data dan perangkat lunak melalui Internet dan jaringan perusahaan.

Para analis mengatakan Dell membayar lebih untuk 3PAR, tetapi mengatakan kesepakatan itu memberi perusahaan sebuah potongan penting baru dari puzzle.

"Saya rasa ini cocok dan kuat untuk portofolio mereka," kata analis Morningstar, Michael Holt.

Dia mengatakan, 1,4 miliar dolar akuisisi EqualLogic oleh Dell pada 2008 membawa perusahaan ke sebuah penawaran penyimpanan berharga rendah. Perusahaan juga telah menjual kembali produk lebih mahal dari EMC Corp

"Ini memberi (Dell) produk mereka sendiri untuk mendorong pasar ketika pelanggan mereka memperluas di luar lini produk EqualLogic," katanya.

Penjualan komputer Dell telah disakiti oleh resesi. Dell sedang mencari akuisisi lebih kecil untuk diversifikasi dan meningkatkan margin perusahaan.

Analis dari Wedbush, Kaushik Roy, mengatakan dia tidak berharap perusahaan lain seperti IBM atau Oracle Corp masuk dalam kompetisi penawaran, khususnya karena harga premium yang terlalu tinggi, juga karena mereka sama-sama mempunyai produk penyimpanan sendiri.

"Dell membayar pada harga premium karena mereka putus asa dengan margin, dan mereka putus asa untuk masuk ke pusat data," katanya.

Saham 3PAR melonjak 86 persen menjadi 17,96 dolar dalam perdagangan sore. Dell jatuh 0,3 persen menjadi 11,98 dolar.

3PAR, yang didirikan pada 1999, membukukan pendapatan 194 juta dolar pada tahun fiskal lalu, dengan laba kotor 65 persen.

Portofolio

Dell mengatakan teknologi virtualisasi 3PAR membantu pelanggan mengurangi biaya pengelolaan data, termasuk perangkat keras dan konsumsi energi.

Dell akan mengintegrasikan produk 3PAR ke dalam portofolio penyimpanan yang ada juga termasuk korban dari kemitraan bersama dengan EMC, serta EqualLogic.

Eksekutif Dell mengatakan pada panggilan telepon bahwa mereka akan terus menawarkan produk-produk EMC.

Analis dari BMO Capital Markets, Keith Bachman mengatakan kesepakatan 3PAR akan menjadi negatif dalam jangka pendek untuk EMC, dan berspekulasi bahwa kemitraan Dell/EMC mungkin akan dieliminasi pada akhirnya.

"Kami percaya bahwa penghapusan hubungan Dell/EMC akan netral untuk Dell, karena kami percaya bahwa Dell akan jauh lebih baik disajikan dalam jangka panjang dengan memiliki/mengembangkan kekayaan intelektual," kata Bachman dalam catatan riset.

Dia mengatakan kesepakatan 3PAR terlalu kecil untuk memiliki dampak material pada prediksi Dell.

Dell mengatakan transaksi mungkin akan menambah pendapatan dalam fiskal 2012. Kesepakatan 3PAR diharapkan tuntas akhir tahun.

Dell telah menggelontorkan dana sekitar 11 miliar dolar dalam bentuk kas dan investasi pada kuartal terakhir fiskal. Tahun lalu, Dell membeli perusahaan jasa teknologi Perot Systems 3,9 miliar dolar, sebuah akuisisi terbesar selama ini.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010