Jakarta (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar optimistis dapat menyediakan lapangan kerja baru sebanyak 10,7 juta hingga tahun 2014.

"Insya Allah dalam setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi akan bisa menyerap 400 ribu hingga 500 ribu orang tenaga kerja. Sehingga dengan pertumbuhan ekonomi 6 persen kita harapkan bisa menyerap hingga 2.400.000 tenaga kerja setiap tahun," kata Menakertrans seusai Upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-65 di Kantor Kemenakertrans, Jakarta, Selasa.

"Kita pun memanfaatkan balai-balai latihan kerja (BLK) yang akan memberikan kemampuan dan fasilitas-fasilitas kompetensi untuk penyerapan tenaga kerja. Insya Allah dengan model penyerapan pertumbuhan ekonomi dengan balai latihan kerja dan seluruh program-program akan terserap 10,7 Juta sampai tahun 2014," kata Menakertrans.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga gencar melaksanakan Program Aksi GPP (Gerakan Penanggulangan Pengangguran) yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan kesempatan kerja.

Beberapa kegiatan dalam aksi GPP itu antara lain program padat karya, pelatihan kerja, membuka kesempatan magang seluas-luasnya, serta memberikan informasi pasar kerja seluas-luasnya dengan mengadakan bursa kerja.
(ANT/A024)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010