Jayapura (ANTARA News) - Bendera dan umbul-umbul berwarna merah-putih menyemaraki kota Jayapura dan sekitarnya, terutama di sejumlah gedung perkantoran pemerintah dan swasta serta tempat- umum lainnya, dalam rangka menyambut HUT ke-65 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Seperti pantauan ANTARA Jayapura, Kamis, bendera dan umbul-umbul aneka warna dan ukuran, dengan mayoritas berwarna merah-putih tampak menghiasi gerbang dan gedung perkantoran yang berlokasi di kota Jayapura.

Selain itu, tembok luar gedung tersebut pun sudah dihiasi merah putih yang bentuknya dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menambah nilai estetika ketika dipandang.

Semarak merah putih dan umbul-umbul tidak hanya menghiasi gedung perkantoran. Sejumlah gedung sekolah dan kampus di Kota Jayapura juga mulai menyambut Hari Proklamasi dengan menghiasi gedung dengan bentangan merah putih dan umbul-umbul.

Hal tersebut seperti tampak di gedung kantor pos wilayah Papua-Maluku, kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, juga di kompleks SMP Paulus, Padang Bulan, Jayapura yang letaknya berdekatan.

Sebelumnya, sejumlah pemberitahuan berupa himbauan dari pemerintah telah disampaikan kepada masyarakat untuk berpartisipasi memasang bendera atau umbul-umbul merah putih di lingkungan masing-masing.

Arnold Sawa, seorang warga di Kelurahan Tanah Hitam, Abepura, Jayapura mengaku antusias menyambut hari Kemerdekaan dan merasa senang dengan suasana kota yang semakin ramai dengan terpasangnya merah putih dan umbul-umbul.

"Kota Jayapura khususnya Abepura tambah meriah menjelang 17 Agustus, artinya semua masyarakat ikut menyambut hari kemerdekaan Indonesia," kata Arnold.

Perasaan serupa juga diakui seorang warga Abepura lainnya, Muslimin, yang menyatakan senang karena akan ada banyak kegiatan yang diadakan di sekolahnya dalam rangkaian peringatan 17 Agustus.

"Biasanya di kompleks tempat tinggal saya, juga digelar lomba panjat pinang," kata Muslimin.(*)
(KR-MBK/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010