New York (ANTARA News) - Wall Street bangkit kembali dari kerugian awal pada Selasa, setelah Federal Reserve berjanji untuk mempertahankan kebijakan pengeluaran untuk meningkatkan ekonomi Amerika Serikat yang sakit.

Dow Jones Industrial Average menghapuskan kerugian awal tiga digit menjadi menutup hari dengan turun 54,65 poin (0,51 persen) pada 10.644,10, kurang dari tiga jam setelah pengumuman Fed.

Indeks komposit teknologi Nasdaq turun 28,52 poin (1,24 persen)

sepanjang hari menjadi 2.277,17 sedangkan indeks S&P 500 yang lebih luas indeks kehilangan 6,70 poin (0,59 persen) menjadi mencapai 1.121,08.

Perdagangan ditandai dengan penurunan tajam pada jam-jam menuju pengumuman bahwa Fed akan mempertahankan tingkat bunga terendah dan memompa lebih banyak uang ke dalam ekonomi dalam menghadapi pertumbuhan yang lambat dan data pengangguran tinggi.

Dalam pengumumannya, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menurunkan tingkat penilaian ekonomi AS, mengatakan bahwa "langkah pemulihan dalam output dan pekerjaan telah melambat dalam beberapa bulan terakhir."

Keputusan baru untuk memompa uang tunai ke dalam perekonomian tetapi tidak mengindikasikan perubahan dramatis dalam kebijakan FOMC, kata John Stoltzfus dari Ticonderoga Securities.

"The Fed tidak bertindak terlalu dramatis ... The Fed memberitahu kami bahwa untuk semua tingkat dari kenaikan ketidakpastian tentang pemulihan adalah sebuah unsur ketahanan yang terlihat.

"Pasar agak diredakan dengan hal itu, tapi tidak begitu diredakan melonjak ke atas," katanya.

Namun keputusan untuk mempertahankan suku bunga antara 0,0-0,25 persen, berarti suku bunga itu tidak mungkin untuk berubah sebelum paruh kedua tahun 2011, Ryan Sweet, seorang ekonom senior Moody`s Economist.com mengatakan dalam catatan.

"Keputusan The Fed ... sinyal pergeseran sikap moneter di bank sentral yang mendorong ekspektasi pertama kenaikan suku bunga lebih jauh ke masa mendatang."

Bank memerangi krisis keuangan dengan menghabiskan lebih dari satu triliun dolar, membeli utang AS, surat berharga berbasis mortgage dan produk keuangan lainnya untuk melumasi pasar.

Federal Reserve mengatakan sekarang akan menginvestasikan kembali uang tunai dari obligasi mortgage yang jatuh tempo daripada mengurangi portofolionya, pada dasarnya melanjutkan pengeluaran era krisis.

"Untuk membantu mendukung pemulihan ekonomi dalam konteks stabilitas harga, komite akan tetap konstan mempertahankan kepemilikan sekuritas Federal Reserve pada tingkat saat ini." (*)

AFP/A026

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010