Cilegon (ANTARA News) - Dua buah kapal roll on roll on (Ro-ro) berkapasitas paling besar dengan daya tampung kendaraan mencapai 175 buah menjelang lebaran siap dioperasionalkan.

"Saat ini kedua kapal itu masih docking atau perawatan, tapi sudah hampir selesai. Dan bisa dipastikan menjelang lebaran sudah dapat digunakan," kata Kepala Seksi Keselamatan Kapal pada Administrator Pelabuhan (Adpel) Banten, Capt M Hasan Basri.

Kepastian dapat digunakannya dua kapal tersebut untuk melayani pada arus mudik lebaran ini katanya, sesuai hasil pemeriksaan dan laporan dari dinas terkait. "Laporan yang masuk dan hasil cek, kapal itu sudah sangat siap sekali untuk dioperasikan menjelang lebaran nanti," ungkap Hasan.

Dia menjelaskan, untuk daya angkut Kapal Tribuana I sebanyak 175 unit kendaraan roda empat serta 395 penumpang, sedangkan BSP III mampu menampung 100 unit kendaraan roda empat dan penumpang lebih dari 500.

Ada satu kapal yang sudah dinyatakan siap lagi untuk jelang arus mudik, akan tetapi dari pihak pengusaha kapal belum menyatakan kesungguhannya. "Kondisi kapal Jagantara saat ini juga masih docking, dan dari laporan staff, sudah hampir selesai. Tapi secara resmi saya belum menerima laporan dari pengusaha kapalnya, apakah kapal tersebut sudah bisa beroperasi atau tidak jelang lebaran nanti," ungkap dia seraya menyatakan kapasitas kapal Jagantara mampu mengangkut 120 kapal dan 325 penumpang.

Terpisah, Manager Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry, Endin Juhaendi mengatakan, untuk melayani arus mudik lebaran pihaknya menyiapkan 33 buah kapal Ro-ro.

Kapal tersebut diantaranya, BSP II, Duta Banten, Nusa Mulya, Nusa Agung, Nusa Jaya, Panorama. "Kapal- kapal itu mampu mengangkut kendaran roda empat di atas 100 unit," jelasnya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010