Makassar (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, berdasarkan pengalamannya daerah yang melakukan protes karena merasa tertinggal.

"Desentralisasi wilayah sangat penting agar daerah tidak ada yang merasa tertinggal. Pengalaman saya semua daerah yang memprotes pusat karena merasa tertinggal," katanya di Makassar, Jumat.

Untuk itu, ketika pemilik Para Group Chairul Tanjung menyampaikan ide untuk mendirikan pusat hiburan dan belanja besar yang tak kalah dengan Jakarta, Kalla berpikir ini adalah realisasi otonomi daerah.

"Jakarta jadi macet karena semua kegiatan dipusatkan di Jakarta. di negara maju tidak ada perbedaan seperti antara New york dan Chicago di Amerika, semua jadi sentra jadi sama kemajuannya," jelasnya.

Kehadiran sebuah pusat hiburan dan perbelanjaan keluarga yang megah seperti Trans Studio Mal ini adalah bagian dari upaya memecah keadilan ke semua daerah sehingga semua daerah memiliki kekuatan sama.

"Kitalah orang daerah yang harus membangun daerah sendiri," ujarnya.

Mal yang dibangun dengan konsep tematik yang dibangun di atas lahan seluas 100 ribu meter persegi dengan tiga lantai. Fasilitas parkir mampu menampung 40 ribu unit motor dan 5000 unit mobil.

Ia mengharapkan, mal yang merupakan bagian dari Trans Studio dan Trans Kalla dapat bermanfaat bukan hanya untuk Makassar tapi juga untuk kemajuan seluruh daerah dengan menciptakan kemajuan bersama.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010