Yogyakarta (ANTARA News) - Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) gelar pameran lukisan karya Soenarto PR, 3-12 Agustus 2010, sebagai rangkaian program lembaga ini memperkenalkan kembali tokoh-tokoh seni rupa Indonesia masa lalu.

"Setelah mengangkat ilustrator terkenal B Margono melalui pameran pada Juli 2010, kali ini Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) menampilkan perupa senior Soenarto PR yang merupakan salah satu ketua Sanggar Bambu," kata Hermanu dari BBY, di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pameran ini merupakan salah satu rangkaian program BBY untuk memperkenalkan kembali tokoh-tokoh seni rupa Indonesia masa lalu yang pernah populer pada zamannya.

"Karya seni yang dihasilkan oleh Soenarto PR tidak hanya seni lukis dalam media cat minyak, cat air, dan pastel, tetapi juga merambah ke seni patung," katanya.

Hermanu mengatakan Soenarto PR merupakan anak didik pelukis-pelukis terkenal Indonesia, di antaranya Affandi, Sudjojono, dan Trubus.

"Soenarto tidak segan untuk magang pada pelukis-pelukis seniornya, salah satu lukisan yang digambar bersama Affandi saat itu dikoleksi oleh Kedutaan Besar Indonesia di India," katanya.

Menurut dia, karena magang pada Affandi, Soenarto PR menjadi tahu cat yang baik dan digunakan Affandi adalah cat bermerk Rembrand.

"Akhirnya dia juga mencontoh Affandi, kalau melukis memakai cat air bermerk Rembrand, dan kalau tidak memiliki uang untuk membeli, dia hanya menggunakan pastel, bukan cat minyak," katanya.

Pameran di BBY itu, bagi Soenarto PR merupakan pertama kalinya pameran tunggal, meski usianya sudah memasuki 79 tahun.

Dalam pameran itu Soenarto memajang lukisan yang sebagian besar potret diri tokoh nasional dan internasional, diantaranyaKH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Soekarno, serta Fidel Castro.
(U.ANT-158/M008/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010