Beijing (ANTARA News) - Cucu Mao Zedong, pemimpin revolusi yang mendirikan Republik Rakyat China tahun 1949, naik pangkat menjadi mayor jendral militer negara itu, kata media pemerintah, Senin.

Mao Xinju, seorang politikus dan periset berua 40 tahun di Akademi Sains Militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) memperoleh kenaikan pangkat menjelang ulang tahun ke-83 terbentuknya PLA, Minggu, kata surat kabar Global Times, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Ini adalah satu kenaikan pangkat biasa. Banyak keberhasilan yang dicapai Mao sehingga ia berhak untuk dipromosikan," kata seorang juru bicara Akademi Sains Militer, Bao Guojun yang dikutip surat kabar itu.

Berita di surat kabar Global Times yang berbahasa Inggris -- yang dikelola corong Partai Komunis, Harian Rakyat -- mengatakan beberapa foto Mao dalam seragam mayor jendral telah disiarkan di media.

"Di antara kelompok para pejabat senior militer, kami akan melihat lebih banyak lagi orang muda," kata Xu Hui, seorang profesor Universitas Pertahanan Nasional kepada surat kabar itu.

Mao,yang banyak sekali kemiripan dengan kakeknya menulis beberapa buku termasuk "My Grandfather Mao Zedong" dan memiliki sebuah blog.

Mao juga menjadi delegasi pada Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, satu badan dalam teori memberikan nasihat kongres mengenai masalah-masalah politik.

Tahun lalu, laporan-laporan mengenai promosi Mao muncul menjelang ulang tahun ke-60 pembentukan negara China komunis oleh kakeknya , tetapi seornag juru bicara saat itu mengatakan promosinya akan dilakukan tahun 2010.
(H-RN/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010