Bandung (ANTARA News) - Sepekan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, sejumlah Factory Outlet (FO) di Kota Bandung banyak dikunjungi oleh masyarakat dari luar kota Bandung.

"Lonjakan pengunjung FO menjelang bulan puasa, mengalami lonjakan hingga 30 persen," katanya salah seorang pemilik FO Pery Tristianto di Bandung, Sabtu.

Biasanya FO banyak didatangi oleh orang dari luar Kota Bandung, jadi peningkatannya bisa terlihat di hari akhir pekan yakni Jumat hingga Minggu, katanya.

Dengan banyaknya pengunjung yang berbelanja juga meningkatkan omzet pernjualan, tambahnya.

FO di Bandung tidak menyediakan secara khsusus program menjelang puasa, baik dari produknya serta program diskon.

"Biasanya kita menjelang Lebaran baru ada program diskon serta produk-produk terbaru, produk-produk pun biasanya menyesuaikan dengan suasana menjelang lebaran," ungkap Pery.

Produk FO yang banyak berada di kota Bandung, menjadi unggulan tersendiri wisata "fashion" para pengunjung yang berasal dari luar kota Bandung.

Dengan mengandalkan produk-produk lokal unggulan, produk fashion FO di Bandung juga mempunyai keunggulan dan ciri khas tersendiri.

"Meski sebagian produk kita masih produk impor, namun kita tetap menggunakan produk lokal dari para pengrajin tekstil UKM di wilayah Bandung, guna mengenalkan produk mereka ke publik," jelas Pery.

FO di Bandung yang identik dengan baju impor, sebenarnya banyak diproduksi oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) di Bandung, namun desain dan kemasannya yang dipoles hingga mirip dengan baju-baju produk impor.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010