Beijing (ANTARA News) - China telah bergerak maju dari Jepang untuk menjadi ekonomi terbesar kedua dunia, seorang pejabat senior bank sentral mengatakan dalam wawancara yang diterbitkan Jumat.

Yi Gang, wakil gubernur Bank Sentral China (PBOC) dan juga kepala Administrasi Devisa Negara (SAFE), tidak menjelaskan bagaimana ia tiba di angka tersebut, sesuai dengan komentar yang dipasang di laman Internet SAFE.

"China sebenarnya sekarang sudah ekonomi terbesar kedua dunia," kata Yi dalam sebuah wawancara dengan majalah China Reform.

China telah dengan kuat keluar dari krisis global didukung paket stimulus senilai 586 miliar dolar dan pinjaman bank didukung negara, dengan pertumbuhan ekonomi 10,3 persen pada kuartal kedua dan 11,1 persen di paruh pertama tahun ini.

Produk domestik bruto China dalam enam bulan pertama berdiri di 17,284 triliun yuan, menurut Biro Statistik Nasional. Yang menjadi

2,5324 triliun dolar, dengan menggunakan kurs rata-rata bulanan bank sentral.Jepang akan merilis angka PDB semester pertamanya pada pertengahan Agustus.
(A026/A023)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010