New York, 27/7 (ANTARA/AFP) - Harga minyak sedikit berubah pada Senin waktu setempat, karena investor mempertimbangkan ekspektasi penurunan persediaan di Amerika Serikat dan karena kekhawatiran atas ancaman badai terhadap pengeboran di Teluk Meksiko mereda.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman September, berakhir tidak berubah pada 78,98 dolar per barel.

Minyak mentah Brent North Sea, London, untuk penyerahan September meningkat lima sen menjadi 77,50 dolar.

Faktor investor dalam laporan Senin bahwa persediaan minyak mentah AS diperkirakan menunjukkan penurunan minggu ini, menunjukkan permintaan energi yang lebih besar dalam ekonomi terbesar dunia.

Data persediaan minggu lalu menunjukkan kenaikan besar tak terduga dalam stok minyak mentah.

Kebanyakan analis merilis perkiraan mereka untuk persediaan minggu ini dan "Saya berpikir bahwa apa yang mendorong pasar kembali naik," kata Jason Schenker dari analis Prestige Economics.

"Ekspektasi adalah bahwa mereka sedang bergerak menjadi menarik minyak mentah."

Data pemerintah menunjukkan lonjakan besar dalam penjualan rumah baru AS juga membantu menstabilkan pasar.

Departemen Perdagangan mengatakan penjualan rumah baru meningkat 23,6 persen menjadi 330.000 unit padaJuni dari tingkat Mei direvisi 267.000, sebuah titik terendah.

Investor juga mencerna berita bahwa badai tropis Bonnie bertiup keluar Teluk Meksiko selama akhir pekan, setelah menyebabkan gangguan untuk pengiriman dan produksi minyak.

"Bagian dan kerusakan Badai Tropis Bonnie, yang mengganggu sekitar 50 persen dari produksi AS di perairan Teluk Meksiko minggu lalu, telah membebaskan beberapa ketakutan pasar," analis di Sucden Financial Research mengatakan dalam catatannya.

Namun, pemulihan dari operasi normal telah lambat dan belum mencapai kapasitas penuh, karena pada Minggu, 46 persen kapasitas produksi minyak masih off-line, menurut laporan.

"Saat ini, ada banyak minyak mentah, sulingan dan bensin dalam penyimpanan untuk membuatnya melalui beberapa badai ganas," kata Mike Fitzpatrick, wakil presiden MF Global.

Minyak New York rally mendekati 80 dolar pada Jumat karena Bonnie berputar-putar menuju Teluk Meksiko - tapi kemudian mundur kembali setelah hasil "stress test" (uji ketahanan) terhadap bank-bank Eropa dirilis.

Skeptisisme atas stres tes sektor perbankan Eropa, yang membersihkan semua, kecuali tujuh bank Eropa, mendapat sambutan pasar saham pada Senin. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010