Berlin (ANTARA News) - Jumlah korban tewas akibat kepanikan di tengah membludaknya jumlah penonton festival musik "Love Parade" (Parade Cinta) di Jerman, Sabtu, simpang siur.

Polisi menyebutkan jumlah korban yang tewas tercatat sedikitnya 10 orang sedangkan yang luka serius mencapai 10 orang.

Insiden tragis itu terjadi akibat menumpuknya penonton di pintu masuk ke lokasi festival musik tekno yang dipusatkan di bekas stasiun kereta api barang Kota Duisburg sebelah barat itu digelar.

Mobil-mobil ambulans bergegas mengangkuti para korban ke rumah sakit sedangkan polisi mendirikan pos bantuan darurat di dekat pintu masuk.

Mengutip informasi awal jumlah korban, Direktur Polisi Duisburg Ralf Klauck mengatakan, sepuluh orang dipastikan tewas di tengah kerumunan massa yang panik di lorong pintu masuk dan 15 orang lainnya terluka.

Festivaltahunan yang awalnya berlangsung di Berlin pada 1989 itu digelar di Duisburg. Sekitar 1,4 juta orang hadir di acara tersebut.

Laporan sejumlah media menyebutkan jumlah korban yang luka-luka mencapai lebih dari 100 orang sedangkan mereka yang tewas, menurut Sky News mengutip laporan RTL, mencapai 11 orang.

Sementara itu, Jaringan Televisi ZDF Jerman melaporkan, polisi setempat sudah mengkonfirmasi jumlah korban yang tewas dalam kejadian itu tercatat 15 orang.(*)
Reuters/R013/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010