New York (ANTARA News/AFP) - Saham Amerika Serikat memperpanjang keuntungannya pada Jumat, dalam perdagangan yang hati-hati karena Wall Street mencerna hasil "stress tests" (uji ketahanan) terhadap bank-bank Eropa serta laba triwulanan perusahaan-perusahaan Amerika.

Dow Jones Industrial Average naik 102,32 poin (0,99 persen) menjadi 10.424,62 pada akhir perdagangan, setelah kenaikan sebesar hampir dua persen, atau 200 poin, sehari sebelumnya didorong pendapatan yang lebih baik dari perkiraan perusahaan-perusahaan besar Amerika Serikat.

Indeks teknologi Nasdaq menguat 23,58 poin (1,05 persen) menjadi 2.269,47 dan yang lebih luas indeks S&P 500 bertambah 8,99 poin (0,82 persen) pada 1,102.66.

Pasar bereaksi hati-hati pada laporan yang sangat ditunggu setelah uji ketahanan pada 91 bank Eropa.

Tujuh bank gagal penilaian, menurut Komite Pengawas Perbankan Eropa.

Belgia presiden Uni Eropa memuji tingkat "ketahanan tinggi" dari sektor perbankan Eropa, tetapi pasar sangat curiga atas ketelitian dari kriteria yang digunakan untuk mengukur kemampuan mereka untuk menahan guncangan keuangan.

"Reaksi ini moderat karena ketidakpastian mengenai ketelitian dari stress test," analis di Charles Schwab & Co mengatakan dalam sebuah catatan untuk klien.

Di sisi positif, pasar bereaksi dengan baik untuk laba perusahaan yang lebih baik dari perkiraan dan kenaikan 20 persen dividen kuartalan di konglomerat General Electric, kata analis.

Di antara perusahaan yang menyatakan hasil keuangan mereka, produsen mobil terkemuka Ford, yang memperlihatkan lompatan laba bersih 13 persen menjadi 2,6 miliar dolar pada penjualan kuat kuartal kedua.

Microsoft melaporkan setelah pasar ditutup Kamis, membukukan laba bersih 4,52 miliar dolar dari pendapatan 16,04 miliar dolar dalam kuartal fiskal keempat yang berakhir 30 Juni.

Komponen Dow, Verizon Communications pada Kamis mencatat lebih baik dari perkiraan margin laba dan pertumbuhan pelanggan nirkabel.  (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010