London (ANTARA News/AFP) - Pasar-pasar saham utama Eropa naik didukung oleh hasil positif perusahaan Amerika Serikat, yang berkurang pada akhir Rabu, ketika Wall Street melemah karena investor menunggu sinyal baru mengenai prospek Amerika dari kepala Fed.

Perdagangan Eropa juga tentatif menjelang rilis hasil uji ketahanan (stress tests) terhadap 91 bank Eropa pada Jumat, untuk menentukan kesehatan keuangan mereka.

Sementara menteri di beberapa negara Eropa telah menyuarakan kepercayaan mereka bahwa bank akan lolos, analis memperingatkan bahwa beberapa kreditur dapat ditemukan berada di bawah kapitalisasi dan rentan terhadap gejolak ekonomi baru.

"Tren ini masih sangat rapuh dan tergantung pada Wall Street," kata analis Yves Marcais dari Global Equities.

Di London, indeks FTSE 100 London ditambahkan 1,46 persen menjadi 5.214,64 poin, sementara di Paris indeks CAC 40 naik 0,75 persen menjadi 3.493,92 poin. Di Frankfurt, indeks DAX memperoleh 0,38 persen menjadi 5.990,38 poin.

Di tempat lain ada keuntungan 0,76 persen di Milan, 0,15 persen pada Indeks Pasar Swiss dan 1,84 persen di Amsterdam. Madrid turun 0,20 persen.

Saham AS diperdagangkan lebih rendah pada Rabu. Saham blue-chip Dow Jones Industrial Average turun 0,18 persen di 10.211,04 pada pertengahan hari, dengan komposit Nasdaq tergelincir 0,67 persen menjadi 2.207,70 poin.

Investor pada awalnya didukung oleh keuntungan kuartal kedua yang sangat baik oleh Apple dan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan oleh bank terkemuka Morgan Stanley dan Wells Fargo serta raksasa minuman ringan Coca Cola pada Rabu.

Tetapi sentimen awal optimis menguap jelang kesaksian Ketua Federal Reserve Ben Bernanke di Senat pada Rabu.

"Kami berharap dia mengulangi pernyataan kebijakan Fed baru-baru ini bahwa Fed melihat perekonomian pulih perlahan-lahan dan berniat untuk mempertahankan kebijakan tingkat suku bunga saat ini untuk jangka waktu yang diperpanjang," kata Frederic Dickson, kepala penyiasat pasar D.A. Davidson & Co.

"Kami berharap dia dibakar beramai-ramai pada ramalan Fed paling baru untuk pertumbuhan ekonomi pada 2010 dan 2011 dan bahwa tingkat pengangguran akan tetap tinggi," kata dia.

Analis IG Index Anthony Grech berbicara tentang sebuah "rasa kegembiraan pada lantai perdagangan pasar utama jelang kesaksian hari ini dari Ben Bernanke."

"Muncul spekulasi bahwa ketua Fed siap untuk memberitahu Senat ... bahwa Fed bersedia untuk bertindak untuk membantu pemulihan ekonomi (Lebih lanjut)."

Dalam perdagangan Asia, Rabu, Saham China dan sebuah rebound pada Selasa di Wall Street memberi sebagian besar pasar Asia sebuah pengangkat pada Rabu.

Hong Kong naik 1,10 persen dan Shanghai naik 0,26 persen menjadi berakhir pada tertinggi tiga minggu.

Pada sisi penurunan, Tokyo kehilangan 0,23 persen di tengah kekhawatiran lanjutan tentang ekonomi AS dan ekonomi global. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010