Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gelombang Perairan Merak-Bakauheni, Rabu, berpeluang 2,0 meter.

Kemudian, cuaca di Selat Sunda bagian Utara tersebut, berpeluang hujan, dan angin bertiup dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 05-10 knot.

Di Selat Sunda bagian Selatan, tinggi gelombang berpeluang 2,0-3,5 meter, cuaca hujan, dan angin bertiup dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 07-12 knot.

Gelombang 0,5-1,0 meter, berpeluang di Selat Bangka bagian Utara, cuaca berawan banyak, dan angin bertiup dari Selatan ke Barat dengan kecepatan 05-08 knot.

Di Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Gelasa, tinggi gelombang diperkirakan berkisar 0,6-1,3 meter, cuaca berawan banyak hingga hujan, dan angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-10 knot.

Kemudian Selat Bali bagian Utara ( Ketapang - Gilimanuk ), tinggi gelombang berkisar 0,8-2,5 meter, cuaca berawan, dan angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-24 knot.

Gelombang 1,5-3,5 meter, berpeluang di Selat Bali bagian Selatan, cuaca berawan, dan angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05-28 knot.

Begitu pula di Selat Badung, tinggi gelombang 1,5-3,5 meter, cuaca berawan, dan angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05-28 knot.

Di Selat Badung pun tinggi gelombang berkisar 1,5-3,5 meter, cuaca berawan, dan angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05-28 knot.

Sementara di Selat Lombok bagian Utara (Padang Bai - Lembar ), tinggi gelombang berkisar 1,3-2,5 meter, cuaca berawan, dan angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-24 knot.

Di Selat Lombok bagian Selatan, tinggi gelombang berkisar 1,5-3,5 meter, cuaca berawan, dan angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05-28 knot.

BMKG pun menginformasikan gelombang 2,0-3,0 meter juga berpeluang di Laut Andaman, Perairan Barat Aceh hingga Sumatera Barat, Perairan Kep. Nias, Perairan Selatan Nusa Tenggara.

Kemudian, Perairan Selatan P. Sumba hingga P. Rote, Laut Sawu, Laut Timor, Laut Jawa bagian Timur, Perairan Kep. Masalembo, Perairan Selatan Sulawesi, Laut Flores, Perairan Selatan P. Buru dan Seram, Perairan Kep. Kai dan Aru.

Gelombang 3,0-4,0 meter berpeluang di Perairan Kep. Mentawai, Perairan Barat Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Perairan Selatan Jawa Timur hingga Bali.

Juga berpeluang di Samudera Hindia Selatan NTB, Perairan Sulawesi Tenggara, Laut Banda, Perairan Kep. Babar dan Kep. Tanimbar, Laut Arafuru, dan Perairan Selatan Merauke.

Gelombang di atas empat meter berpeluang di Perairan Selatan Jawa Barat dan Jawa tengah. (T013/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010