Makassar (ANTARA News) - PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Cabang Makassar, Sulawesi Selatan, telah mengucurkan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk pinjaman perumahan.

Pinjaman ini telah diberikan kepada 100 orang peserta PT Jamsostek yang ada di wilayah Kota Makassar, ungkap PPS Kabid Pemasaran PT Jamsostek Cabang Makassar, Ishak, di Makasar, Selasa.

Jadi, katanya, rata-rata setiap peserta mendapatkan pinjaman sebesar Rp100 juta dengan pinjaman bunga lunak yang besarnya hanya 6 persen per tahun.

Besarnya dana yang telah dikucurkan tersebut terhitung hingga Juni 2010 lalu.

"Untuk beberapa bulan yang akan datang hingga akhir tahun 2010 mendatang, dana yang akan digulirkan kemungkinan masih akan bertambah," tuturnya.

Ia menuturkan, pada dasarnya besar dana pinjaman perumahan ini sangat tergantung dari daya serap yang ada di daerah setiap tahun.

"Jika daya serap dananya cukup besar, maka jumlah peserta yang bisa mendapatkan pinjaman perumahan pun akan semakin bertambah," tuturnya.

Ia mengaku, pinjaman perumahan ini juga terbatas, namun untuk tahun ini belum bisa dipastikan besarnya batasan dana yang dapat digulirkan.

Penyaluran pinjaman perumahan ini pada dasarnya merupakan program tambahan dari PT Jamsostek Cabang Makassar barkaitan dengan peningkatan kesejahteraan peserta dan sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

"Sampai sekarang, program ini masih dapat berjalan dengan baik, dan diharapkan pada tahun-tahun berikutnya bisa terus terlaksana," katanya. (PSO-103/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010