Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang di perairan Merak-Bakauheni, Selasa, berkisar 0,4-0,8 meter.

Selain itu, cuaca di Selat Sunda bagian utara tersebut juga berawan, dan angin bertiup dari tenggara ke selatan dengan kecepatan 04-08 knot.

Di Selat Sunda bagian selatan, tinggi gelombang berpeluang 1,5-2,5 meter, cuaca hujan, dan angin bertiup dari tenggara ke selatan dengan kecepatan 05-10 knot.

Tinggi gelombang di Selat Bangka bagian utara berkisar 0,4-0,8 meter, cuaca berawan banyak/hujan, dan angin bertiup dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan 04-08 knot.

Di Selat Bangka bagian selatan dan Selat Gelasa, tinggi gelombang berkisar 0,5-1,3 meter, cuaca berawan banyak/hujan, dan angin bertiup dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan 05-10 knot.

Sementara di Selat Bali bagian utara (Ketapang-Gilimanuk ) tinggi gelombang berkisar 0,3-1,5 meter, cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan, serta angin bertiup dari timur laut ke timur dengan kecepatan 03-20 knot.

Di Selat Bali bagian selatan tinggi gelombang 0,5-2,0 meter, cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan, serta angin bertiup dari timur laut ke timur dengan kecepatan 04-22 knot.

Kemudian, di Selat Badung tinggi gelombang berkisar 0,8-2,0 meter, cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan, serta angin bertiup dari timur ke tenggara dengan kecepatan 04-22 knot.

Sementara di Selat Lombok bagian utara (Padang Bai-Lembar), tinggi gelombang berkisar 0,5-1,5 meter, cuaca berawan dan berpeluang hujan, serta angin bertiup dari timur ke tenggara dengan kecepatan 03-20 knot.

Di Selat Lombok bagian selatan, tinggi gelombang berkisar 0,8-2,0 meter, cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan, serta angin bertiup dari timur ke tenggara dengan kecepatan 04-22 knot.

BMKG juga menginformasikan, gelombang 2,0-3,0 meter berpeluang di Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Tengah.

Kemudian, Perairan Sulawesi Tenggara, Perairan Selatan Pulau Buru dan P Seram, Perairan Kepulauan Kai - Kep Aru, Perairan Kep Tanimbar, Laut Arafuru, Perairan Kep Talaud, Laut Halmahera, dan perairan utara Papua.

Sedangkan gelombang 3,0-4,0 meter berpeluang di Perairan Merauke. (T013/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010