Bogor (ANTARA News) - Kemacetan arus lalulintas di kawasan Puncak, Bogor, Jabar, diprediksi akan terus berlangsung hingga libur sekolah usai, sementara polisi seperti biasanya memberlakukan sistem buka tutup di jalur itu.

Sejak libur sekolah seminggu lalu, lalu lintas di Puncak terus padat akibat banyaknya masyarakat yang berlibur ke kawasan wisata itu.

Selama libur warga dari daerah lain, terutama Jakarta dan sekitarnya, akan tetap mendatangi Bogor sebagai kota tujuan wisata, kata Kepala Baur Operasional (KBO) Lalu Lantas (Lantas) Polres Bogor, Iptu Zainul Arifin, saat ditemui tengah memantau arus lalu intas di Simpang Gadok, Puncak, Senin.

"Kondisi seperti ini akan berlangsung sampai libur sekolah berakhir," katanya saat ditanyakan penyebab kemacetan, Senin.

Kepadatan arus terjadi mulai pagi hari. Beberapa ruas jalan yang dipadati kendaran antara lain, Simpang Gadok menuju Taman Wisata Matahari, lalu Cimory menuju Taman Safari Indonesia, Pasar Cisarua dan Riung Gunung.

Kepadatan kendaraan juga terlihat dari arah Tol Jagorawi menuju Ciawi, empat lapis kendaraan merayap dengan kecepatan jalan 10 km per jam.

Petugas Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) untuk melancarkan arus. Pagi hari jalur turun dari arah Puncak menuju Jakarta ditutup untuk melancarkan arus dari arah Jakarta menuju Puncak.

Jalur dari puncak kembali dibuka menjadi setelah arus dari Jakarta normal, begitu pula sebaliknya.

Kepadatan arus sudah berlangsung sejak libur sekolah dimulai karena ratusan kendaraan bergerak menuju Puncak. Sebagai kawasan wisata, Puncak menjadi sasaran para warga kota yang ingin mengisi liburan dengan berdarmawisata bersama keluarga.

Puncak kepadatan terjadi Minggu (4/7). Selama tujuh jam kendaraan dari arah Cipanas tertahan di Puncak. Kesemrawutan arus lalu lintas disebabkan padatnya jumlah pengunjung Taman Wisata Matahari.

Menurut informasi dari salah satu warga Cisarua, arus kembali normal setelah pukul 02.00 WIB.

"Memang, kemarin arus sangat padat sekali. Jalur naik menuju Puncak baru kita buka pada pukul 00.00 WIB," ujar KBO Lantas Bogor, membenarkan informasi warga setempat.

Hingga sekarang kepadatan arus masih terjadi, namun tidak sepadat sehari sebelumnya.

Ratusan kendaraan mulai dari mobil pribadi, bus pariwisata hingga sepeda motor bergerak dari dan menuju Puncak.

Kepadatan kian parah ketika pengendara tidak disiplin pada jalurnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus pada libur sekolah, Polres Bogor menurunkan 170 personil yang bertugas mengatur arus lalu lintas di titik-titik rawan kemacetan.

(KR-LR/H-KWR/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010