Palembang (ANTARA News) - Provinsi Sumatera Selatan menyatakan siap diverifikasi panitia besar SEA Games XXVI mengenai kesiapan dari venue-venue cabang olah raga yang dijanjikan.

Wakil Ketua Umum II KONI Sumsel Dhenie Zainal mengatakan di Palembang, Senin, KONI setempat telah menerima informasi lisan mengenai proses verifikasi ini yang dilakukan sebuah tim terdiri atas Kemenegpora dan KONI/KOI.

"Sumsel siap diperiksa kapan saja. Jika provinsi lain malahan minta pengunduran waktu, kalau Sumsel sebaliknya. Diperiksa hari ini pun kami siap," kata Dhenie.

Menurut dia, meskipun beberapa venue yang dijanjikan itu dalam perenovasian atau bahkan belum dibangun, tapi Provinsi Sumsel optimisitis dapat meyakinkan tim tersebut mengingat apa dijanjikan bukanlah isapan jempol belaka.

Dia menyebutkan, seperti Gedung Olah Raga (GOR) Kampus Palembang yang dalam tahap perenovasian sejak awal Bulan Juli 2010, lapangan tembak sudah dikerjakan pembangunannya sejak Mei 2010, dan wisma atlet akan dibangun pada September 2010 karena menggunakan dana APBN-P (Perubahan).

Beberapa venue lain yang akan dibangun di komplek Jakabaring Palembang, venue olah raga air (ski dan dayung) dan lapangan golf. Kemudian, perenovasian venue sisa PON XVI (2004) yakni Kolam Renang Lumba Tirta dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

"KOI dan Kemenegpora jelas bisa menilai bagaimana kesiapan provinsi kita ini. Sumsel bisa dikatakan sebagai provinsi yang paling siap dan antusias menyelenggarakan SEA Games dibandingkan provinsi lain. Semua dapat terlihat dari persiapan yang dilakukan dan turut membangun fasilitas pendukung seperti lapangan golf," ucap dia.

Tim ini akan melakukan verifikasi di tiga provinsi lainnya juga bertindak sebagai tuan rumah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah.

Hasil verifikasi ini akan digunakan untuk memastikan apakah suatu cabang olah raga dapat dilaksanakan di provinsi yang sudah dipercaya. Jika tidak layak, maka KOI dapat melakukan langkah antisipasi dengan menawarkan ke provinsi lain.

Sementara ini, Sumsel dipercaya menyelenggarakan 13 cabang olah raga, diantaranya, atletik, sepak bola, wushu, binaraga, angkat berat, renang, senam, dan panjat tebing.

"Semua fasilitas SEA Games dijadwalkan dibangun tahun 2010 dan diharapkan pada pertengahan 2011 atau lima bulan sebelum pembukaan SEA Games sudah rampung. Jika sudah begitu, Sumsel dapat memulai melatih diri sebagai tuan rumah dengan menggelar pertandingan level nasional atau internasional," ujarnya.

ANT/M033

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010