Yogyakarta (ANTARA News) - Peserta Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta asal Makassar, Sulawesi Selatan, Siti Fatimah Colli (69), Sabtu, meninggal saat mendapat perawatan tim medis Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

"Almarhumah dibawa ke rumah sakit Jumat (2/7) dalam kondisi pingsan karena kelelahan setelah sebelumnya mengikuti gladi bersih pembukaan muktamar yang berlangsung di Stadion Mandala Krida Yogyakarta," kata petugas Bina Rohani Islam RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Umar Suud Prawoto.

Menurut dia, almarhumah saat dibawa di RS PKU Muhammadiyah langsung dirawat di bangsal "intermediate care" dan sempat dirawat dokter spesialis penyakit dalam.

"Namun kondisi almarhumah terus menurun dan kesadarannya mulai menurun sejak masuk rumah sakit sampai akhirnya kehilangan kesadarannya," katanya.

Ia mengatakan, dari informasi yang diperoleh sebelumnya almarhumah dalam kondisi sehat dan tidak mengeluh apa pun bahkan sempat mengikuti gladi kotor pembukaan muktamar di Stadion Mandala Krida.

"Mungkin karena usia yang sudah lanjut sehingga kelelahan," katanya.

Umar mengatakan almarhumah langsung diterbangkan ke Makassar hari ini (Sabtu) sekitar pukul 15.00 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia melalui Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

"Jenazah almarhumah langsung dibawa dua keponakannya yang juga hadir dalam muktamar ini. Informasinya pesawat transit terlebih dahulu di Jakarta setelah itu langsung ke Makassar," katanya.(*)
(U.V001/B/H008/H008) 03-07-2010 19:04:30

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010