New York (ANTARA News/AFP) - Saham AS membukukan kerugian moderat pada Jumat, karena investor mencerna laporan pekerjaan Juni bervariasi menunjukkan ekonomi melepas lebih banyak pekerjaan dari yang diperkirakan dan penurunan mengejutkan dalam tingkat pengangguran.

Kerugian awal perdagangan berkurang, dengan indeks Dow Jones Industrial Average berakhir turun 46,05 poin (0,47 persen) menjadi 9.686,48 pada penutupan perdagangan.

Indeks komposit teknologi Nasdaq meluncur turun 9,57 poin (0,46 persen) menjadi 2.091,79 dan indeks S&P 500, ukuran lebih luas dari pasar, turun 4,79 poin (0,47 persen) pada 1.022,58.

"Laporan pekerjaan menunjukkan tingkat pengangguran dan turunnya pekerjaan itu lebih baik dari yang diperkiran, sementara pekerjaan sektor swasta dan rata-rata pendapatan per jam berada di bawah ekspektasi," analis Charles Schwab & Co mengatakan dalam sebuah catatan kliennya.

Laporan Departemen Tenaga Kerja yang banyak ditunggu, dirilis sebelum pasar dibuka, menunjukkan perekonomian melepas 125.000 pekerjaan pada Juni, setelah menambahkan 433.000 direvisi naik pembayaran gaji (payrolls) non pertanian pada Mei.

Sebagian besar analis memperkirakan kehilangan 100.000 pekerjaan.

Tingkat pengangguran turun menjadi 9,5 persen dari 9,7 persen, mengalahkan perkiraan naik menjadi 9,8 persen, karena pekerja keluar dari angkatan kerja, departemen melaporkan, berdasarkan survei rumah tangga yang terpisah.

"Meskipun turun sedikit lebih besar dalam angka pembayaran gaji, ada beberapa tanda-tanda positif dalam laporan ini," kata Jason Schenker dari Prestige Economics.

"Pemulihan jelas sedang berlangsung, meskipun itu akan melambat untuk pasar pekerjaan," kata Schenker.

Angka-angka Juni menunjukkan penguapan perekrutan untuk Sensus 2010, yang jumlahnya mencapai sekitar 95 persen dari pekerjaan baru pada Mei.

Pekerjaan sensus jatuh kembali 225.000.

"Sebuah laporan pekerjaan mengecewakan sudah mungkin telah diperhitungkan dalam pasar dengan kerugian yang menuju ke hari ini," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

"Laporan ini secara keseluruhan cukup menyediakan pemicu untuk memperpanjang kerugian, kecuali pembalikan perdagangan mendepak di beberapa perkiraan."(A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010