Paris (ANTARA News/AFP) - Keteguhan Iran bahwa sanksi baru PBB tidak akan memberikan dampak pada program nuklirnya menunjukkan bahwa Teheran tidak "memilih arah yang benar", kata Menteri Luar Negeri Prancis, Kamis.

Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki menulis kepada 15 anggota Dewan Keamanan PBB dan mengatakan kepada mereka bahwa upaya terbaru "tidak akan memberikan dampak pada program nuklir Iran yang ditujukan untuk tujuan damai", menurut kantor berita IRNA.

Dewan Keamanan bulan lalu melakukan pemungutan suara untuk menjatuhkan satu set sanksi keempat terhadap Teheran atas program pengayaan uraniumnya, aspek paling kontroversial dari program nuklir itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Prancis Bernard Valero mengatakan "pesan sangat jelas ditujukan ke Iran sehingga negara itu akhirnya setuju untuk melakukan perundingan mengenai aktivitas sensitifnya".

"Surat yang diterima dari Manouchehr Mottaki tidak menuju arah yang benar. Apa yang kami harap dari Iran adalah (negara) itu menanggapi keprihatinan masyarakat internasional dengan upaya kongkrit," katanya.

Iran bersikeras bahwa program nuklirnya hanya untuk tujuan damai.(*)
(Uu.G003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010