New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham di Wall Street pada Rabu memperpanjang penurunan mereka di tengah kekhawatiran tentang angka pengangguran dan masalah utang zona euro.

Indeks saham blue-chip Dow Jones Industrial Average jatuh 96,28 poin (0,98 persen) menjadi 9.774,02 pada akhir perdagangan, sehari setelah saham Wall Street mencatat aksi jual terbesar menjual dalam lebih dari setahun karena memudarnya kepercayaan konsumen AS.

Indeks teknologi Nasdaq tergelincir 25,94 poin (1,21 persen) ke 2.109,24 dan pasar lebih luas indeks S & P 500 merosot 10,53 poin (1,01 persen) menjadi 1.030,71.

Tepat sebelum bel pembukaan,  perusahaan payrolls (pembayaran gaji)  ADP mengatakan pekerjaan non pertanian swasta meningkat 13.000 dari Mei ke Juni.

Sebagian besar ekonom memperkirakan 61.000 pekerjaan yang akan dibuka bulan ini.

"Laporan ADP masuk lebih buruk dari yang diharapkan, meningkatkan kekhawatiran prospek pertumbuhan paruh kedua tahun ini," kata analis dari Briefing.com dalam catatan kepada kliennya.

Laporan ADP "membingungkan investor menjelang laporan tenaga kerja hari Jumat," analis di Charles Schwab & Co mengatakan dalam sebuah catatan yang terpisah.

Data ADP datang menjelang laporan pengangguran nasional bersama-sama dengan data payroll non pertanian yang akan dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat.

Pemerintah mungkin akan melaporkan jumlah gaji Juni jatuh 100.000, menyusul ompatan 431.000 pada Mei, kata sebagian besar ekonom.

Tingkat pengangguran Juni diproyeksikan  naik tipis menjadi 9,8 persen dari 9,7 persen pada Mei.

Survei ADP hanya mencakup pekerjaan sektor swasta, sedangkan data pekerjaan non pertanian Departemen Tenaga Kerja termasuk pegawai pemerintah.

Kekhawatiran pasar keuangan zona euro juga mengurangi sentimen pasar.

Moody's Investor Service memperingatkan Spanyol pada Rabu, dan menempatkan peringkat utang negara itu "pada kajian untuk kemungkinan diturunkan" karena lemahnya prospek pertumbuhan dari ekonominya yang rapuh.

Lembaga pemeringkat kredit mengatakan, bisa menurunkan peringkat Aaa Spanyol "satu, atau paling banyak dua, tingkat" pada akhir periode kajian tiga bulan.(A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010