Toronto (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende di Hotel Westin, Toronto, Sabtu siang waktu setempat.

Dalam pertemuan itu Presiden Yudhoyono menyatakan keinginan Indonesia untuk meningkatkan hubungan dengan Belanda.

Kepala Negara juga menyatakan bahwa rombongan delegasi Indonesia sempat transit di Amsterdam, Belanda dalam perjalanan menuju Toronto.

Presiden mengaku senang dengan perkembangan Belanda.

Sementara itu PM Balkenende mengatakan senang bisa bertemu Presiden Yudhoyono dan sepakat untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia.

Sebelumnya Presiden memimpin delegasi Indonesia bertemu dengan delegasi Australia yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Wayne Swan.

Semula Presiden seharusnya melakukan pertemuan dengan Kevin Rudd namun dengan pengunduran diri Rudd maka terjadi perubahan dari pihak pemerintah Australia.

Kepala Negara berada di Toronto untuk menghadiri pertemuan puncak G20, 26-27 Juni.

Kunjungan kerja Presiden ke Toronto merupakan bagian dari lawatan 11 harinya ke tiga negara, Kanada, Turki dan Arab Saudi.

Turut serta mendampingi Presiden antara lain Ibu Ani Yudhoyono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Mari E Pangestu, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkeu Agus Martowardodjo, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menakertrans Muhaimin Iskandar, dan Kepala BKPM Gita Wirjawan. (P008*G003/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010