Toronto (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba di Toronto, Kanada, Jumat pagi sekitar pukul 08.15 waktu setempat atau pukul 19.10 WIB. Presiden melakukan kunjungan kerja ke Toronto untuk menghadiri pertemuan puncak keempat G20, 26-27 Juni.

Jumat Sekitar pukul 22.00 waktu Toronto, Kepala Negara dijadwalkan melakukan "video conference" membuka peringatan Hari Anti Narkoba BNN di Jakarta.

Pada 26 Juni, di sela-sela pertemuan G20, Kepala Negara dijadwalkan bertemu dengan Presiden China Hu Jintao, Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende dan PM vietnam Nguyen Tan Dung.

Kepala Negara dan rombongan meninggalkan Jakarta dari Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (24/6) sekitar pukul 16.15 wib.

Turut dalam rombongan Presiden antara lain Ibu Ani Yudhoyono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Mari E Pangestu, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkeu Agus Martowardodjo, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menakertrans Muhaimin Iskandar, dan Kepala BKPM Gita Wirjawan.

Presiden Yudhoyono didampingi Ibu Ani melakukan kunjungan kerja 11 hari ke tiga negara yaitu Kanada, Turki, dan Arab Saudi, 24 Juni - 4 Juli.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal, kunjungan Kepala Negara ke Kanada untuk menghadiri pertemuan pemimpin negara G20 di Toronto, dan di Turki untuk melakukan kunjungan kenegaraan, serta di Arab Saudi untuk beribadah umroh.

Presiden menghadiri KTT G20 yang membahas beberapa agenda di antaranya perkembangan pemulihan ekonomi global, evaluasi inisiatif kerangka kerja G20, upaya pembangunan ekonomi global yang seimbang dan berkelanjutan, serta reformasi lembaga keuangan internasional dan regulasi sektor keuangan.

Dalam pertemuan pemimpin negara kelompok G20 itu, Dino mengatakan, Indonesia kembali akan menegaskan perhatian khusus G20 untuk menjaga ketahanan ekonomi negara berkembang yang rentan menghadapi krisis keuangan.(*)
(T.P008*G003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010