"Patung Tiga Mojang menuai kontroversi, dan disarankan diganti dengan Monumen Bambu Runcing yang mencitrakan daerah itu sebagai kota perjuangan," kata Wakil Wali Kota Bekasi Rahmad Effendi, di Bekasi, Selasa.
Menurut dia, nilai kejuangan memang harus tercermin sebagai pengganti patung Tiga Mojang tersebut. "Di lokasi perumahan itu dahulu merupakan markas tentara Hizbullah," katanya.
Oleh karena itu, kata dia, usulan tersebut pantas dipertimbangkan, dan nantinya monumen itu diberi sentuhan moderen sehingga terlihat indah.
Adanya usulan di lokasi itu dibangun Monumen Adipura sebagai penghargaan atas prestasi Kota Bekasi yang mendapat penghargaan Adipura untuk kategori Kota Metropolitan, Rahmad mengatakan akan dipilih lokasi lain untuk membangun monumen tersebut.
"Ini wacana dari saya. Keputusan nanti tentunya setelah melibatkan banyak pihak termasuk anggota DPRD," katanya.
Patung Tiga Mojang yang menjadi ciri khas kompleks perumahan kelas menengah ke atas itu dibongkar sejak Jumat (18/6) lalu, dan selesai pada Sabtu pukul 09:00 WIB.
Sebelumnya, patung yang didirikan tanpa ada izin tersebut diprotes warga karena dinilai seronok, padahal lokasi itu merupakan pusat perjuangan di zaman dulu.
Patung karya I Nyoman Nuarta yang dibangun pada 2007 dengan biaya Rp2,5 miliar tersebut, terbuat dari perunggu. Patung ini tingginya 19 meter.
Setelah dibongkar dari tempatnya, patung tersebut saat ini berada di Polsek Medan Satria, dan rencananya akan dibawa ke Bali.(*)
(T.M027/R009)
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010
Pencetus gerakan perjuangan dengan senjata bambu runcing, dalam pengertian sebagai senjata perjuangan yang bersifat massal dan nasional, sampai saat ini memang belumlah sangat jelas. Senjata Bambu Runcing pernah di pakai latihan ketentaraan Seinendan pada zaman Jepang. Tetapi khusus penggunaan senjata Bambu Runcing dengan doa, pengisian tenaga dalam, memang hal ini secara tegas dapat dikatakan, di mulai dai Parakan, Temanggung. Siapa para kiai yang terlibat ada beragam pandangan. Namun semua mengerucut kepada tokoh penting di Parakan yakni K.H. Subkhi (Subuki) dan K.H.R Sumo Gunardo, dan para kiai lain di Parakan dan Temanggung seperti K.H. M Ali (pengasuh pesantren tertua di Parakan), K.H. Abdurrahman, K.H. Nawawi, K.H. Istakhori dan kelanjutannya juga KH. Mandzur dari Temanggung dan berbagai kiai di NU Temangggung, khususnya MWC Parakan.
Senjata Bambu Runcing di gunakan sebagai alat perjuangan, berangkat dari ketiadaan, kekurangan peralatan perang yang tersedia, sementara perjuangan harus di lajutkan terutama setelah Indonesia meredeka. Musuh Indonesia setelah proklamasi menjadi sangat banyak dan dengan kekuatan besar, Jepang yang masih bercokol, Belanda yang ingin menguasai lagi dan Sekutu yang juga akan menjajah menggantikan Jepang dan Belanda. Maka praktis, keperluan persenjataan yang di butuhkan. Bambu Runcing dan peralatan tradisional lain menjadi alternatif, murah dan bisa bersiaft massal. Kekuatan doa menjadi faktor utama kekuatan alat-alat tradisional tersebut.
Ternyata dalam realitas sejarah, perjuangan dengan menggunakan senjata bambu runcing, terjadi pada hampir semua medan perang. Lasykar-lasykar rakyat BKR, AMRI, Hizbullah, Sabilillah dan sebagainya yang terlibat pada pertempuran di berbagai peristiwa, menggunakan senjata Bambu Runcing sebagai senjata utama, sebelum mereka mampu merebut senjata musuh.
Peninggalan-peninggalan sejarah Bambu Runcing khusus yang berhubungan dengan Bambu Runcing Parakan bisa di lacak ke tempat, atau para kiai yang pernah terlibat dalam berbagai peristiwa Bambu Runcing. Sampai sekarang Rumah KH. Subkhi masih berdiri dan berbagai peninggalannya, Rumah KH. R Sumo Gunardo masih adan juga beberapa peninggalanya, ada yang di Museum Monjali (Monumen Jogja Kembali), Pondok Pesantren KH. M. Ali sampai sekarang masih berdiri dan terus berkembang. Bekas kantor BMT dan pusat penyepuhan walaupun telah berubah, namun jejak-jejaknya masih ada. Dan khusus sumur yang sering di ambil airnya untuk penyepuhan Bambu Runcing juga masih ada. Khusus di Temanggung bahkan tempat Kiai Mandzur di kenal dengan Mujahidin, samapi sekarang menjadi pusat kegiatan Tarekat.
Perjuangan bersenjata yang melibatkan senjata Bambu Runcing oleh berbagai lasykar rakyat dalam perjuangan kemerdekaan sangat jelas dan nyata. Bahkan selama masa setelah Proklamasi Kemerdekaan dengan musuh utama Jepang, Belanda dan Sekutu, di mana pada saat itu bangsa Indonesia belum memiliki cukup senjata, maka Bambu Runcing menjadi senjata massal rakyat Indonesia. Kepemlikan senjata modern oleh rakyat, setelah mampu merebut dari senjata musuh terutama dari Jepang yang telah menyerah.