Padang (ANTARA News) - Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Planet Kids Padang, Sumbar telah mencetak lulusan sebanyak 1.320 murid periode 2004 - 2010.

"Lulusan TK Planet Kids lolos seluruhnya di tes untuk masuk pendidikan Sekolah Dasar (SD) karena anak-anak sudah dipersiapkan dengan keterampilan menulis dan membaca," kata Ketua Yayasan TK Planet Kids, Drs. Sam Salam, di Padang, Senin.

TK Planet Kids adalah sekolah yang mencontoh sistem pendidikan anak usia dini di Eropa yang dilengkapi dengan paket belajar agama, komputer, life skill, musik, marching band, olahraga berenang. Selain itu anak juga mengikuti program kesehatan medical chek-up dan pengenalan lingkungan melalui program out bound serta etika dan budi pekerti.

TK Planet Kids dalam 2010 telah dua kali menggelar `wisuda 38` anak TK Planet Kids cabang Koto Tangah Padang, pada Minggu (20/6) dan sebelumnya 80 anak asal TK Planet Pusat Terandam.

Menurut Sam Salam, berdasarkan survei yang telah dilakukan, lulusan Planet Kids bisa diterima di seluruh SD karena anak dalam 20 kali pertemuan sudah bisa memiliki keterampilan membaca koran.

"Kecerdasan membaca menjadi program utama disamping pengembangan bakat seni, menari dan menyanyi serta fashion," katanya anak-anak Planet Kids sudah dibekali dengan kepintaran untuk 20 tahun yang akan datang.

Pada masa 20 tahun yang akan datang itu, katanya lagi, anak-anak bisa diharapkan akan menjadi generasi penerus yang berbudi luhur dan berkarakter terpuji setelah lulus dari sekolah itu.

Di Sumbar, katanya, sekolah TK Planet Kids berpusat di Tarandam dan dibuka satu unit cabang di Koto Tangah.

"Kita membuka cabang di Koto Tangah karena tingginya animo orang tua di kawasan tersebut untuk menyekolahkan anaknya di Planet Kids," katanya TK tersebut memiliki sepuluh pengajar lulusan PGTK dan Strata Satu.

Kepala Sekolah TK Planet Kids Koto Tangah Nur Azizah S.S mengatakan animo orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah itu cukup tinggi ditandai dengan tiga bulan menjelang tahun ajaran baru 2010 banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya.

"Para orang tua yang berasal dari PNS, swasta, angkatan dan pedagang mendaftarkan nama anak-anaknya baik melalui telpon maupun datang langsung ke sekolah," katanya mereka meminati sekolah itu karena dinilai berkualitas.

Sebagai sarana dan prasarana pendidikan modern terlengkap di kota itu, manajemen sekolah mencoba mengintegrasikan sekolah modern dan Islami guna membentuk karakter anak beriman, bertaqwa serta berilmu pengetahuan.

"Pengelolaan sekolah memakai managemen pendidikan modern dengan memberdayakan `cooperative concepts` planet kids`," katanya.

Ia menambahkan, program pendidikan TK Planet Kids, merujuk pada pengalaman di luar negeri dan saran-saran dari sejumlah sahabat dari berbagai negara bahwa proses kegitan belajar pada pendidikan usia dini tidak terstruktur pada pendidikan usia dini akan membahayakan perkembangan anak. (F011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010