New York (ANTARA News/AFP) - Saham AS naik sedikit dalam sebuah "rebound" di akhir sesi Kamis, meskipun data lebih buruk dari yang diperkirakan pada pengangguran dan manufaktur memicu kekhawatiran tentang kekuatan pemulihan ekonomi.

Dow Jones Industrial Average naik 24,63 poin (0,24 persen) menjadi 10.434,09 pada penutupan pasar.

Indeks teknologi Nasdaq bertambah 1,23 poin (0,05 persen) pada 2.307,16 dan pasar yang lebih luas indeks S&P 500 naik 1,37 poin (0,12 persen) ke sementara 1.115,98.

"Ketakutan pemulihan ekonomi hidup kembali oleh indeks manufaktur Fed Philly yang jatuh jauh lebih besar dari perkiraan, ditambah kenaikan tak terduga dalam klaim pengangguran yang menghalangi sentimen," analis Charles Schwab & Co mengatakan dalam sebuah catatan kepada kliennya.

Klaim baru manfaat asuransi pengangguran naik untuk yang kedua minggu berturut-turut, Departemen Tenaga Kerja melaporkan, meleset dari perkiraan mereka akan jatuh.

Indeks dari Federal Reserve Philadelphia Juni untuk manufaktur di wilayah Mid-Atlantic terjun delapan poin, menjadi 13,4, level terendah dalam hampir setahun. Manufaktur telah menjadi pendorong utama pemulihan yang dimulai sekitar tahun lalu setelah setahun kontraksi.

Dalam laporan terpisah, Departemen Tenaga Kerja mengatakan harga konsumen jatuh untuk kedua berturut-turut pada Mei, sebesar 0,2 persen, akibat penurunan harga energi.

Rata-rata perkiraan analis adalah untuk penurunan 0,1 persen.  (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010