Ambon (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya pada Rabu sekitar pukul 17.19 waktu Indonesia Timur (WIT).

Staf Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pattimura Ambon, Irwan Slamet, ketika dikonfirmasi ANTARA News menyatakan, pusat gempa berada pada posisi 3.78 Lintang Selatan (LS)-128.26 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

"Gempa yang berpusat di Timur Laut Pulau Ambon dipastikan tidak menimbulkan tsunami," ujarnya.

Sebagian warga di Kota Ambon panik akibat guncangan gempa yang dirasakan cukup kuat itu sehingga berlarian keluar rumah maupun bangunan tingkat.

Bahkan, sebagian warga yang tidak mempedulikan hujan yang mengguyur Kota Ambon pada Rabu petang, dan memilih berada di luar bangunan untuk mengantisipasi kemungkinan gempa susulan.

Di Sekretariat DPD Partai Gerindra Maluku, sejumlah fungsionaris berlarian keluar bangunan yang berlokasi di jalan AM. Sangadji.

Begitu pun para pekerja pembangunan trotoar di kawasan Trikora memilih berhenti bekerja karena khawatir bangunan runtuh.

Ari Sangadji, warga yang sedang minum teh di warung kopi "Rakyat" menyatakan pusing karena guncangan gempa yang tiba - tiba.

"Saya merasa pening karena guncangan cukup kuat, tapi memilih lari ke luar warung kopi karena khawatir gempa susulan atau bangunan runtuh," ujarnya.
(T.D008/N002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010