Jenewa (ANTARA News/AFP) - Nilai perdagangan barang dunia meningkat 25 persen pada kuartal pertama 2010, terutama didorong oleh permintaan dari Asia dan harga komoditas yang lebih tinggi, data Organisasi Perdagangan Dunia menunjukkan Rabu.

Ekspor dari Amerika Serikat dan Eropa naik sekitar seperlima dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sedangkan yang dari China meningkat 29 persen.

Ekspor Afrika dan Timur Tengah menunjukkan lompatan 53 persen sedangkan Persemakmuran Negara-negara Merdeka bekas Soviet melompat 54 persen.

"Dipicu oleh permintaan di Asia dan harga komoditas, ekspor Afrika, Timur Tengah dan Persemakmuran Negara-negara Merdeka naik lebih dari 50 persen daripada periode yang sama 2009," kata WTO.

Pertumbuhan permintaan paling menandai pada raksasa Asia China dan India.

China membukukan sebuah lompatan 65 persen di impor dari tahun lalu, sementara India menimpor 55 persen lebih, membantu untuk mengangkat impor ke Asia sebesar 45 persen dari Januari-Maret 2008.

Sementara itu, harga komoditas juga naik tajam, dengan minyak mentah sampai lebih dari 70 persen dan harga logam hampir 60 persen lebih dari setahun yang lalu.
(A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010