Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Demokrat Achsanul Kosasih mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menandatangani surat usulan calon Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution untuk mendapatkan persetujuan dari DPR.

"Kemarin Presiden SBY sudah tanda tangani surat usulan nama calon gubernur BI dan sekarang sudah dikirimkan ke DPR. Mungkin sore ini surat itu sampai ke Sekjen DPR," kata anggota DPR F-PD Achsanul Kosasih saat istirahat pertemuan Kapolri dengan Panwas DPR di Senayan Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut Achsanul menjelaskan bahwa usulan yang disampaikan oleh Presiden SBY untuk calon gubernur BI tersebut hanya satu nama yakni Darmin Nasution.

Menurut Achsanul berdasarkan UU memang presiden diberikan kewenangan untuk mengusulkan sebanyak-banyaknya tiga nama. Namun tambahnya jika hanya mengusulkan satu nama juga tidak melanggar UU.

"Memang kami melihat setelah Agus Martowardoyo menjadi Menkeu, yang paling layak jadi Gubernur BI adalah Darmin Nasution," kata Achsanul.

Achsanul juga mengakui untuk kasus calon Gubernur BI ini, Sekretariat Gabungan (sekgab) Koalisi tetap solid. F-PD sendiri tambah Achsanul akan mendukung dan mengawal terus Darmin Nasution.

"Insya Allah semua mulus sehingga pertengahan Juni atau sebelum reses sudah selesai," kata Achsanul.

Achsanul juga mengaku telah melakukan diskusi informal dengan fraksi lain selain yang tergabung dalam sekgab koalisi. (J004/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010