Markas Besar PBB (ANTARA News) - Para anggota Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa mengutuk serangan Israel terhadap kapal misi kemanusiaan tujuan Gaza.

Seperti dilaporkan AFP, dalam pernyataan individual, 15 anggota dewan keamanan kebanyakan mengutuk serangan Israel.

"Sudah Jelas pemblokiran Israel atas Gaza harus diakhiri sesuai dengan Resolusi 1860 DK PBB. Blokade yang sedang ada tidak dapat diterima dan kontraproduktif," kata duta besar Inggris Mark Lyall Grand menjelang sidang darurat untuk membahas serbuan Israel tersebut.

Prancis, Rusia dan China juga meminta agar blokade itu diakhiri dan dilakukannya penyelidikan independen atas serangan itu.

AS tidak secara spesifik meminta Israel untuk mengakhiri blokade terhadap Gaza, namun AS memberi sinyal bahwa sebaiknya pengepungan itu diperlonggar.

Alejandro Wolff, deputi perwakilan tetap AS di PBB, menyatakan "kami sangat terusik dengan kekerasan yang baru terjadi dan menyesalkan jatuhnya korban jiwa maupun cedera. Kami sedang mengumpulkan semua fakta. Kami mengharapkan penyelidikan yang kredibel dan transparan dan menyerukan dengan sangat agar pemerintah Israel melakukan penyelidikan penuh terhadap insiden itu."

Wolf juga mengemukakan "bantuan langsung lewat laut adalah tidak memadai dan tidak bertanggungjawab dalam situasi seperti itu."(A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010