Washington(ANTARA News) - Barack Obama menjanjikan tindakan tegas dan cepat untuk menghadapi apa yang disebutnya krisis dua perang serta ekonomi yang melemah.

"Hari ini saya katakan kepada anda bahwa tantangan-tantangan yang kita hadapi adalah nyata, serius dan banyak," kata Obama dalam naskah pidato pelantikannya yang telah dipersiapkan dan disampaikan setelah pengambilan sumpahnya sebagai presiden ke-44 AS.

"Tantangan-tantangan itu tak mudah diselesaikan dalam waktu singkat. Tapi ketahuilah ini, Amerika, -- mereka akan teratasi," katanya dalam pidato yang disampaikan dari tangga gedung Capitol AS seperti diberitakan Reuters.

Obama menyatakan krisis ekonomi yang menimpa negeri itu akibat "ada yang serakah dan tak bertanggung jawab" dan ia berjanji akan mengawasi guna menjamin agar pasar tak berada di luar kendali.

"Keadaan ekonomi menyerukan tindakan tegas dan cepat, dan kami akan bertindak," ujarnya.

Ia juga berjanji akan menarik pasukan AS dari Irak dan mengupayakan perdamaian di Afghanistan, dan juga berjanji menemukan cara baru dalam hubungan dengan dunia Muslim.

Tapi ia memperingatkan mereka yang melakukan terorisme di seluruh dunia bahwa Amerika tetap kuat.

"Kami katakan kepadamu bahwa semangat kami menguat dan tak dapat dipatahkan. Kamu tak dapat meremehkan kami, dan kami akan mengalahkanmu."(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009