Padang (ANTARA News) - Masyarakat transportasi Indonesia yang tergabung dalam Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) menyatakan mendukung Sri Sultan Hamengkubuwono ke X sebagai Capres pada Pilpres 2009 mendatang.

"Kami mendukung pencalonan beliau, karena dinilai mampu mengubah transportasi nasional ke arah lebih baik," kata Ketua DPP Organda, Murphy Hutagalung, di Padang, Sumatera Barat, Senin malam.

Pernyataan Organda itu disampaikan pada malam penutupan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Organda ke IV yang diikuti sekitar 350 pengusaha angkutan umum yang berlangsung di Padang dari Minggu (18/1) hingga Selasa (20/1).

Mukernas itu ditutup secara resmi oleh Sri Sultan Hamengkubuwoho ke X yang pada kesempatan itu telah dinobatkan sebagai anggota kehormatan luar biasa Organda.

Murphy mengatakan, Organda adalah organisasi profesi angkutan darat yang satu-satunya diakui pemerintah dan memiliki pengurus di 31 cabang provinsi dan lebih dari 400 pengurus cabang di kabupaten/kota.

Jumlah pengusaha yang tergabung dalam Organda mencapai 1,5 juta orang dan melibatkan pekerja sektor transportasi mencapai 16 juta orang, tambahnya.

Ia mengatakan, permasalahan utama yang dihadapi anggota Organda sekarang adalah mahalnya suku cadang kendaraan bermotor, rendahnya keterisian kursi setiap trayek, pungutan liar (pungli) dan tingginya pajak menyangkut kendaraan angkutan umum.

(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009