Paris (ANTARA News) - Petenis Australia Samantha Stosur secara mengejutkan menumbangkan juara empat kali, Justine Henin, di Prancis Terbuka, Senin, sehingga memudarkan harapan perempatfinal impian antara petenis Belgia itu dengan unggulan utama Serena Williams.

Untuk pertama kalinya bahwa Henin kalah sejak babak kedua tahun 2004, setelah 24 kali pertandingan tak terkalahkan.

Hasil pertandingan tersebut juga merupakan yang kedua kalinya dalam dua tahun bahwa penduduk Gold Coast, Stosur mencapai babak delapan besar di Paris, setelah tahun lalu dikalahkan di semifinal oleh Svetlana Kuznetsova dari Rusia, yang akhirnya jadi juara.

Kontras dengan pertandingan Henin-Stosur yang dimenangi petenis Australia itu dengan skor 2-6, 6-1, 6-4, Serena mengalahkan Shahar Peer dari Israel secara mudah, 6-2 6-2.

Petenis Amerika itu menyatakan ia tidak terkejut atas tersingkirnya Henin.

"Anda jangan pernah meremehkan siapa pun dan Sam adalah pemain lapangan tanah liat yang mengagumkan.

"Ia mempunyai kesempatan baik untuk terus maju. Ia cepat, ia kuat, dan ia mempunyai servis yang hebat."

Henin memenangi 24 pertandingan secara beruntun di Roland Garros, termasuk tiga gelar, sejak dikalahkan di babak kedua oleh petenis Italia Tathiana Garbin tahun 2004, saat ia menjadi juara bertahan.

Ia absen di turnamen 2008 dan 2009 setelah pensiun pada Mei 2008, dengan menyatakan ia ia kehilangan semua motivasi dan menginginkan perubahan gaya hidup, tetapi kembali lagi ke olahraga tersebut pada awal tahun ini di Australia.

AFP/S005/B002

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010