Jakarta (ANTARA News) - Gedung Kesenian Jakarta menyelenggarakan Festival Peringatan Jakarta (JAF) VIII yang akan diselenggarakan dari tanggal 2 Juni-4 Juli 2010, kata Pimpinan Sekolah Musik Gita Svara Catharina. W. Leimena, kepada pers, di Jakarta, Rabu.

"Dalam festival untuk menyambut HUT Kota Jakarta ke-483, siswa-siswi dari paduan suara Gita Svara akan menampilkan beberapa lagu hasil karya Bang Miing alias Ismail Mazuki, Benyamin. S, dan Guruh Soekarno Putra," ujarnya.

Catharina menjelaskan bahwa karya yang dibawakan oleh Gita Svara kebanyakan hasil karya Ismail Marzuki, Alm. Bang Miing, nama lain dari Ismail Marzuki adalah komponis asli Betawi, dimana beliau termasuk pejuang kemerdekaan dan seni.

"Lagu-lagu yang akan dibawakan kebanyakan berasal dari karya bang Miing, dimana beliau adalah salah satu pejuang kemerdekaan dan seni, sehingga nafas lagu-lagunya adalah masa perjuangan," kata Chatarina.

JAF adalah salah satu program unggulan Gedung Kesenian Jakarta yang menyelenggarakan pergelaran seni musik, tari dan kolaborasi seni musik- tari, serta teater dengan karya-karya inovatif seni tradisional, klasik dan modern dari seniman/seniwati dari lokal, nasional sampai mancanegara.

Selain Gita Svara, Komponis dan pianis Ananda Sukarlan bekerjasama dengan koreografer dan penari Chendra Pranata akan menampilkan sebuah interpretasi legenda/mitologi dalam kehidupan urban dan sehari-hari.

"Tema dari pertunjukkan ini adalah interpretasi sebuah legenda dalam kehidupan urban dan sehari, antara lain kontras antara karya "Sweet Sorrow" yang merupakan terjemahan musikal literal dari "Romeo & Juliet" dan "West Side Story" yang merupakan transformasi cerita yang sama ke masa kini dan ke kota besar New York," kata koreografer dan penari Chendra Pranata.

Menurut Chendra, akan hadir sebagai bintang tamu pianis Elwin Hendrijanto dan violist Inez Raharjo.

"Elwin Hendrijanto, pianis berusia 21 tahun yang sedang menempuh gelar master di London, serta violist berusia 14 tahun Ines Raharjo," katanya.

Dalam Festival Jakarta 2010, akan menampilkan juga pameran lukisan dan berbagai pertunjukan teater, pantomim serta drama musikal yang didukung antara lain oleh Sarah Sechan, Bayu Oktara, Uli Herdiansyah dan Eki Dance Company.(*)
(T.M-IPR/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010